POTENSI EKSTRAK DAUN SALAM (Syzygium Polyanthum) TERHADAP MORTALITAS LARVA Aedes aegypti DI LABORATORIUM BALAI LITBANGKES TANAH BUMBU

Pertiwi, Demiati Indah (2022) POTENSI EKSTRAK DAUN SALAM (Syzygium Polyanthum) TERHADAP MORTALITAS LARVA Aedes aegypti DI LABORATORIUM BALAI LITBANGKES TANAH BUMBU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
FILE PDF ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi - Demia.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi - Dem.pdf

Download (172kB)

Abstract

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat penting di Indonesia dan sering menimbulkan suatu letusan Kejadian Luar Biasa (KLB) dengan kematian yang besar. penggunaan insektisida kimia (Abate) secara terus menerus dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan manusia serta menyebabkan nyamuk menjadi resistensi. Tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai insektisida alami adalah daun salam karena bersifat mudah terurai (bio-degredable) dan relatif aman bagi manusia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persentase dan perbedaan kematian larva Aedes aegypti serta mengetahui Lethal Time dan Lethal Concentration. Penelitian ini dilakukan di Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Tanah Bumbu. Metode penelitian yaitu true eksperimental dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Hasil Uji Kruskall Wallis menunjukkan semua data menunjukkan nilai < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang bermakna. Penelitian ini menggunakan kelompok perlakuan dengan konsentrasi 1%, 3%, 5%, 7% dan 2 kelompok kontrol yaitu kontrol positif dan kontrol negatif sebanyak 4 kali pengulangan. Besar sampel berjumlah 720 sampel larva Aedes Aegypti. Hasil pengamatan ekstrak daun salam menunjukkan hasil akhir tertinggi di konsentrasi 7% yaitu sebesar 84,2% setelah 24 jam pengamatan. Hasil uji probit dalam konsentrasi 7% menunjukkan nilai LT50 16,452 jam dan nilai LT99 33,943 jam. Hasil uji probit dalam waktu 24 jam menunjukkan nilai LC50 3,048% dan nilai LC99 6,992%. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui konsentrasi minimal ekstrak daun salam yang dibutuhkan untuk mematikan 100% larva Aedes aegypti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Daun salam, Aedes aegypti, Mortalitas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Demiati Indah Pertiwi
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:32
Last Modified: 17 Nov 2022 03:32
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13223

Actions (login required)

View Item View Item