FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MASYARAKAT DALAM MEMBUANG SAMPAH RUMAH TANGGA KE SUNGAI DI DESA PALIMBANG SARI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA TAHUN 2022

Sari, Risfi Mulika (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MASYARAKAT DALAM MEMBUANG SAMPAH RUMAH TANGGA KE SUNGAI DI DESA PALIMBANG SARI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Artikel Risfi Mulika_removed.pdf

Download (15kB)

Abstract

Perilaku masyarakat di desa Palimbang Sari Kabupaten Hulu Sungai Utara masih terlihat membuang sampah rumah tangga ke sungai. Kebiasaan masyarakat berprilaku membuang sampah sembarangan dapat menimbulkan dampak buruk terhadap lingkungan dan kesehatan. Permasalahan yang diteliti pada penelitian ini adalah fakor-faktor yang berhubungan dengan perilaku masyarakat dalam membuang sampah rumah tangga ke sungai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara pengetahuan, sikap, ketersediaan sarana dan dukungan keluarga dengan perilaku membuang sampah rumah tangga ke sungai. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini semua ibu di Desa Palimbang Sari dengan jumlah 242 rumah tangga dan sampel sebanyak 71 responden, teknik pengambilan sampel dengan cara proportional random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dengan cara wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku membuang sampah rumah tangga di Desa Palimbang Sari sebagian besar kurang (67,6%). Ada hubungan pengetahuan dengan p-value 0,000, ada hubungan sikap dengan p-value 0,000, ada hubungan ketersediaan sarana dengan p-value 0,005, dan tidak ada hubungan dukungan keluarga dengan p-value 0,697. The behavior of the people in Palimbang Sari village, Hulu Sungai Utara district, is still seen by throwing household waste into the river. Habits of people who behave indiscriminately littering can have a negative impact on the environment and health. The problems examined in this study are factors related to people's behavior in disposing of household waste into the river. This study aims to determine and analyze the relationship between knowledge, attitudes, availability of facilities and family support with the behavior of disposing of household waste into the river. This type of research is a quantitative analytic with a cross sectional approach. The population in this study were all mothers in Palimbang Sari Village with a total of 242 households and a sample of 71 respondents. The sampling technique was proportional random sampling. The research instrument used was a questionnaire by means of interviews. The results of this study indicate that the behavior of disposing of household waste in Palimbang Sari Village is mostly lacking (67.6%). There is a relationship between knowledge and a p-value of 0.000, there is a relationship between attitude and a p-value of 0.000, there is a relationship between the availability of facilities and a p-value of 0.005, and there is no relationship between family support and a p-value of 0.697.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Keluarga, Ketersediaan Sarana, Pengetahuan, Perilaku Membuang Sampah, Sikap
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Risfi Mulika Sari
Date Deposited: 28 Mar 2023 02:13
Last Modified: 28 Mar 2023 02:13
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13432

Actions (login required)

View Item View Item