ANALISIS PERILAKU KESELAMATAN KERJA (SAFETY BEHAVIOUR) PADA TENAGA KERJA BONGKAR MUAT DI PELABUHAN TRISAKTI BANJARMASIN TAHUN 2022

Mufidha, Gina (2022) ANALISIS PERILAKU KESELAMATAN KERJA (SAFETY BEHAVIOUR) PADA TENAGA KERJA BONGKAR MUAT DI PELABUHAN TRISAKTI BANJARMASIN TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ARTIKEL GINA MUFIDHA.pdf

Download (302kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN PENELITIAN.pdf

Download (226kB)

Abstract

Permasalahan di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pada tahun 2022 masih terdapat beberapa pekerja yang tidak menggunakan APD secara lengkap sesuai dengan prosedur kerja yang sudah diberlakukan yang di karenakan ketidakbiasaan dalam menggunakan APD sehingga menimbulkan kecelakaan kerja yang mana pengetahuan dan sikap merupakan hal yang perlu dimiliki para pekerja seingga para pekerja mampu membedakan dan mengetahui risiko kecelakaan di sekitarnya serta dapat melakukan pekerjaan sesuai dengan prosedur agar terhindar dari kecelakaan kerja. Tujuan penelitian: Menganalisis Perilaku Keselamatan Kerja (Safety Behaviour) Pada Tenaga kerja Bongkar Muat di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Tahun 2022. Jenis pelitian ini yaitu kuantitatif bersifat analitik dengan metode Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang tenaga kerja bongkar muat di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengetahui pengetahuan dan sikap pekerja dan pengamatan menggunakan lembar observasi untuk mengetahu perilaku keselamatan pekerja. Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan perilaku keselamatan kerja menggunakan uji person chi-square, sedangkan untuk mengetahui hubungan antara sikap dengan perilaku keselamatan kerja menggunakan uji exact fisher. Hasil peneltian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan perilaku keselamatan kerja (p=0.934) dan tidak ada hubungan yang bermakna antara sikap pekerja dengan perilaku keselamatan kerja (p=1.000). Disarankan agar PT. Pelindo Multi Terminal Branch Banjarmasin untuk melibatkan pekerja mengikuti pelatihan K3 guna menambah pengetahuan mengenai pentingnya K3 di tempat kerja serta lebih memaksimalkan pengawasan agar pekerja melakukan pekerjaan sesuai standar operasional prosedur, disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk menambahkan faktor lain yang berhubungan dengan perilaku keselamatan kerja seperti ketersediaan fasilitas kesehaatan, manajemen kerja, fungsi pengawasan kerja, peraturan kerja serta faktor lain yang ada di perusahaan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tenaga Kerja Bongkar Muat, Perilaku Keselamatan Kerja, Pengetahuan, Sikap
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:40
Last Modified: 17 Jan 2023 02:40
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13744

Actions (login required)

View Item View Item