PENGARUH LITERASI DIGITAL KEUANGAN DAN EFIKASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU INVESTASI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin)

PUTRA, AKBAR BARITO (2023) PENGARUH LITERASI DIGITAL KEUANGAN DAN EFIKASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU INVESTASI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin). Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK AKBAR BARITO PUTRA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN AKBAR BARITO PUTRA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORISINALITAS TESIS AKBAR BARITO PUTRA.pdf

Download (86kB)

Abstract

Akbar Barito Putra. 2009020082 (2022) “Pengaruh Literasi Digital Keuangan Dan Efikasi Keuangan Terhadap Perilaku Investasi (Studi Pada Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin)”. Program Magister Manajemen Universitas Islam Kalimantan. Muhammad Arsyad Al-Banjari, Pembimbing I Rahmi Widyanti dan Pembimbing II. M. Harlie. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1. Untuk mengetahui dan menganalisis literasi digital keuangan berpengaruh secara parsial terhadap perilaku investasi mahasiswa prodi magister manajemen angkatan 2020. 2. Untuk mengetahui dan menganalisis efikasi keuangan berpengaruh secara parsial terhadap perilaku investasi mahasiswa prodi magister manajemen angkatan 2020. 3. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi digital keuangan dan efikasi keuangan berpengaruh secara simultan terhadap perilaku investasi mahasiswa prodi magister manajemen angkatan 2020. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 78 responden. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin 0.05 didapatkan jumlah responden sebanyak 65 orang. Dengan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner sebanyak 35 item pertanyaan dengan skala 1 sampai 5 dan diuji dengan data validitas dan reliabilitas. Teknis analisis data untuk menjawab hipotesa menggunakan aplikasi SPSS 26.0. Dengan teknis analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa literasi digital keuangan berpengaruh secara parsial terhadap perilaku investasi dengan nilai t-hitung sebesar 2,136 > nilai t-tabel 1.999 dengan nilai signifikansi 0,036 (sig ἀ < 0,05) dan efikasi keuangan berpengaruh secara secara parsial terhadap perilaku investasi dengan nilai t-hitung sebesar 6,337 > nilai t-tabel 1,999 dengan nilai signifikansi 0,000 (sig ἀ < 0,05) Dan berpengaruh signifikan terhadap perilaku investasi mahasiswa prodi magister manajemen angkatan 2020 dengan taraf signifikan 0.000 (sig ἀ < 0,05). Dengan demikian dapat diartikan bahwa variabel independen antara lain literasi digital keuangan dan efikasi keuangan secara simultan dan signifikan berpengaruh terhadap variable dependen yaitu perilaku investasi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital Keuangan, Efikasi Keuangan dan Perilaku Investasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Akbar Barito Putra
Date Deposited: 26 Jan 2023 05:15
Last Modified: 26 Jan 2023 05:15
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14072

Actions (login required)

View Item View Item