IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI KEHIDUPAN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUL ISLAMIYAH SUNGAI BAKUNG.

Emelda, Emelda (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI KEHIDUPAN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUL ISLAMIYAH SUNGAI BAKUNG. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ARTIKEL EMELDA baru.pdf

Download (243kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (146kB)
[img] Text
pernyataan keaslian.pdf

Download (131kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter berbasis nilia-nilai kehidupan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter berbasis nilia-nilai kehidupan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MI Tarbiyatul Islamiyah Sungai Bakung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumenatsi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstarkurikuler pramuka di MI Tarbiyatul Islamiyah Sungai Bakung berjalan dengan baik yaitu dengan adanya dukungan dari pihak sekolah yang memberikan jadwal khusus yakni setiap hari Jum’at, kegiatan tersebut memiliki visi dan misi sebagai tolak ukur dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui kegiatan kepramukaan dalam membentuk karakter siswa berbasis nilai-nilai kehidupan, kemudian bentuk kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan mengandung prinsip belajar menyenangkan yang dilakukan di luar jam pembelajaran. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MI Tarbiyatul Islamiyah Sungai Bakung yaitu faktor pendukung adanya dukungan dari pihak sekolah dengan menyediakannya sarana dan prasarana dan dukungan dari orang tua siswa dalam kegiatan pramuka. Faktor penghambat nya adalah kurangnya jumlah pembina pramuka yang tidak sebanding dengan jumlah siswa yang mengikuti kegiatan kepramukaan hal ini dapat menjadi faktor penghambat dalam pembentukan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Kepramukaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Emelda
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:55
Last Modified: 25 Jan 2023 03:55
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14960

Actions (login required)

View Item View Item