ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA UPT LABORATORIUM KESEHATAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT

Lydiana, Rina Nur (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA UPT LABORATORIUM KESEHATAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
pengesahan.pdf

Download (376kB)
[img] Text
keaslian penelitian.pdf

Download (606kB)
[img] Text
Artikel Lydiana_removed.pdf

Download (274kB)

Abstract

Pelayanan publik adalah rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan. Laboratorium Kesehatan merupakan salah satu pelayanan publik dalam sarana kesehatan yang diharapkan mampu memberikan pelayanan terbaik terhadap kebutuhan individu dan masyarakat. Laboratorium kesehatan berkewajiban untuk menghormati hak pengguna jasa, menyediakan pelayanan laboratorium secara profesional dan menjaga mutu pelayanan laboratorium sesuai standar dan pedoman yang berlaku. Pengukuran kepuasan pelanggan diperlukan untuk menentukan perbaikan kualitas pelayanan yang diharapkan. Pengukuran kepuasan pelanggan dapat diukur dengan menggunakan 5 dimensi yaitu tangible (keberadaan bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (keyakinan / kepercayaan), dan emphaty (empati). Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis tingkat kepuasan pengguna jasa UPT Laboratorium Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat dengan menggunakan rancangan observasional, pendekatan cross sectional dengan metode accidental sampling. Populasi penelitian adalah seluruh pengguna jasa laboratorium dengan jumlah sampel sebanyak 100 sampel. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara dimensi tangible (p value 0,028), dimensi reliability (p value 0,000), dimensi responsiveness (p value 0,009), dimensi assurance (p value 0,001), dimensi emphaty (p value 0,001). Berdasarkan penelitian ini UPT Laboratorium Kesehatan Provinsi Kalimanta Selatan diharapkan dapat terus meningkatkat kualitas dan mutu layanan sehingga kepuasan pelanggan tetap terjaga dengan melakukan pelatihan atau training rutin untuk menjaga kinerja agar tetap baik .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: tingkat kepuasan; tangible, reliability, responsiveness, assurane, emphaty
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Rina Nur Lydiana
Date Deposited: 28 Jan 2023 02:42
Last Modified: 28 Jan 2023 02:42
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15008

Actions (login required)

View Item View Item