PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF PADA PENGRAJIN KAIN SASIRANGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Toko Luthfiah Sasirangan)

Effendi, Muhammad (2023) PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF PADA PENGRAJIN KAIN SASIRANGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Toko Luthfiah Sasirangan). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Artikel Muhammad Effendi.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Pengesahan_removed.pdf

Download (230kB)

Abstract

Muhammad Effendi, 2022, Pengembangan Ekonomi Kreatif Pada Pengrajin Kain Sasirangan Dalam Perspektif Ekonomi Syariah(Studi Kasus Toko Luthfiah Sasirangan). Skripsi, Program Sarjana Ekonomi Syariah, Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin, Pembimbing I: Dr. S. Purnamasari, S.H., S.Sos.I., M.SI. Pembimbing II: Abdul Wahab, S.EI., M.SI. Adanya hambatan untuk menembus pasar nasional mengakibatkan masyarakat kurang mengenal produk kain sasirangan dan dengan ketatnya persaingan bisnis saat ini membuat pelaku bisnis hanya berfokus pada target pasar dan melupakan etika bisnis islam pada aktivitas pemasaran. Rumusan masalah yaitu, bagaimana pengembangan ekonomi kreatif di Toko Luthfiah Sasirangan dan bagaimana pemasaran di Toko Luthfiah Sasirangan dengan perspektif Islam. Tujuannya yaitu, untuk mengetahui bagaimana pengembangan ekonomi kreatif di toko Luthfiah sasirangan dan untuk mengetahui bagaimana pemasaran di toko Luthfiah sasirangan dengan perspektif islam. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif, sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknis analisis data menggunakan analisis model Milles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka kesimpulan yang dapat diambil adalah Pengembangan ekonomi kreatif di Toko Luthfiah Sasirangan yang diterapkan adalah melakukan promosi melalui media sosial, yakni Whatsapp dan Instagram, Menerapkan pembagian harga produk menjadi 4 bagian, yaitu harga terendah, menengah, menengah ke atas dan tinggi, serta menerapkan kesempatan konsultasi kepada calon konsumen sebelum membeli produk Sasirangan. Pemasaran produk kain Sasirangan yang diterapkan di Toko Luthfiah Sasirangan telah memenuhi Pemasaran dalam islam dan Prinsip bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Kreatif, Pengembangan Ekonomi Kreatif, Ekonomi Syariah, Kain Sasirangan.
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Depositing User: Muhammad Effendi
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:11
Last Modified: 03 Feb 2023 03:11
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15070

Actions (login required)

View Item View Item