ANALISIS KELAYAKAN BISNIS DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS BISNIS BUDIDAYA IKAN PATIN DI DESA SUNGAI BATANG MARTAPURA)

Muhaimin, Akhmad (2023) ANALISIS KELAYAKAN BISNIS DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS BISNIS BUDIDAYA IKAN PATIN DI DESA SUNGAI BATANG MARTAPURA). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (328kB)
[img] Text
Keaslian Skripsi.pdf

Download (201kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini ialah Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat merupakan desa dengan komoditi budidaya ikan patin terbesar di wilayah martapura, disana terdapat 300 kolam ikan patin. Rumusan masalah ini bertujuan untuk bagaimana peranan usaha ikan patin dalam meningkatkan kesejateraan masyarakat, bagaimana tanggapan masyarakat sekitar usaha ikan patin dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan Bagaiman analisis kelayakan bisnis dan strategi pengembangan usaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kelayakan bisnis dan startegi pengembangan usaha, peran pelaku usaha budidaya ikan patin dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan tanggapan masyarakat akan hal tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif (studi kasus) yang tergolong dalam penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu 3 orang pelaku usaha budidaya ikan patin, 1 orang pembakal dan masyarakat desa Sungai Batang. Adapun yang menjadi objek penelitian yaitu kelayakan bisnis, strategi pengembangan usaha dan peran pelaku usaha budidaya ikan patin dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peran pelaku usaha dalam meningkatan kesejahteraan masyarakat desa Sungai Batang ialah: (1) Membuka lapangan pekerjaan. (2) Meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat (3) Memberikan ZIS (zakat, Infaq dan sedakah) kepada masyarakat sekitar terutama kepada para karyawan tetap dan buruh harian serta masyarakat sekitar. Adapun starategi pengembangan usaha yang dilakukan pelaku usaha ialah dengan menggunakan strategi manajemen dengan baik seperti perencanaan, pengawasan, pelaksanaan, pengendalian hingga pemasaran selalu berusaha memenuhi permintaan pasar dan mitra usaha. Analisis kelayakan bisnis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat (Studi kasus budidaya ikan patin di desa Sungai Batang Martapura Barat) dinyatakan layak karena memenuhi indikator kelayakan bisnis dan tidak menyalahi aturan syariat Islam. Tanggapan masyarakat sekitar terhadap bisnis budidaya ikan patin di desa Sungai batang juga sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kelayakan Bisnis, Peran Pelaku Usaha, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Akhmad Muhaimin
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:07
Last Modified: 03 Feb 2023 03:07
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15101

Actions (login required)

View Item View Item