Penyelesaian Sengketa Konsumen Oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Melalui Proses Arbitrase Perspektif Hukum Islam

Setiawati, Sulis (2023) Penyelesaian Sengketa Konsumen Oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Melalui Proses Arbitrase Perspektif Hukum Islam. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ARTIKEL JURNAL SULIS SETIAWATI.pdf

Download (372kB)
[img] Text
Pengesahan-_2.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Keaslian Skripsi-.pdf

Download (103kB)

Abstract

Sulis Setiawati, 2022, Penyelesaian Sengketa Konsumen Oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Melalui Proses Arbitrase Perspektif Hukum Islam. Skripsi, Program Sarjana, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin. Pembimbing I Rahmatul Huda, S.EI., M.H dan Pembimbing II Parman Komarudin, S.HI.MHI. Kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi konumikasi, dan informatika turut mendukung perluasan ruang gerak transaksi barang dan jasa di suatu negara. Kondisi ini sangat bermanfaat bagi kepentingan konsumen dan pelaku usaha karna kebutuhan akan barang dan jasa yang diinginkan dapat terpenuhi dan semakin terbuka lebar untuk memilih aneka jenis kualitas barang dan jasa sesuai dengan kemampuannya. Namun dalam kenyataannya, pemenuhan hak dan kewajiban antara kedua belah pihak yaitu seringkali terabaikan sehingga menimbulkan perselisihan diantara mereka. Hal inilah yang menjadi titik awal mulanya sengketa. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui Penyelesaian sengketa konsumen oleh Badan penyelesaian Sengketa Konsume (BPSK) Kota Banjarmasin; dan 2) Untuk menganalisis Penyelesaian sengketa konsumen oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) melalui proses arbitrase perspektif hukum Islam. Metote penulisan yang dipakai untuk Menyusun skripsi ini adalah metode penelitian hukum normatif. Data peneletian ini diperoleh dari penelitian kepustakaan serta wawncara yang dilakukan dengan Majelis BPSK Kota Banjarmasin yang kemudian diolah dan dianalisis secara kualitatif untuk mendapatkan hasil yang bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan: 1) Penyelesaian sengketa di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Banjarmasin terhadap pengambilan BPKB di BPSK Kota Banjarmasin penyelesaiannya melalui proses arbitrase; dan 2) Penyelesaian sengketa Konsumen dalam Perspektif Hukum Islam melalaui proses arbitrase dengan akad tahkim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penyelesain Sengketa, BPSK, Arbitrase, Perspektif Hukum islam.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Sulis Setiawati
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:27
Last Modified: 23 Oct 2023 04:56
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15157

Actions (login required)

View Item View Item