GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI (STUDI PADA DINAS PERKEBUNAN DAN PETERNAKAN KABUPATEN TABALONG)

Elmiati, Elmiati (2023) GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI (STUDI PADA DINAS PERKEBUNAN DAN PETERNAKAN KABUPATEN TABALONG). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Pernyatan Asli.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (366kB)
[img] Text
ABSTRAK 1.pdf

Download (122kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gaya kepemimpinan yang berjalan di kantor dinas perkebunan dan peternakan di kabupaten tabalong, (2) Motivasi kerja dan kinerja karyawan di dinas perkebunan dan peternakan di kabupaten tabalong, (3) Kendala yang di hadapi oleh pemimpin kantor dinas perkebunan dan peternakan dalam menjalankan tugas kepemimpinannya serta memotivasi pegawainya agar bisa berkinerja dengan baik, (4) kebijaksanaan motivasi kerja, yang dilakukan oleh pemimpin di kantor dinas perkebunan dan peternakan di kabupaten tabalong dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitianDinas Perkebunan dan Peternakan ini yaitu beralamat di Jalan Jendral Ahmad Yani Mabuun Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan. Teknik analisa data dengan Miles Huberman. Hasil penelitian menunjukakan: (1) Gaya kepemimpinan di kantor dinas perkebunan dan peternakan di kabupaten tabalong, berdasarkan keahlian dan pengetahuan kepribadian yang baik, serta sudah dimiliki oleh pemimpin tersebut, (2) Motivasi kerja pegawai di dinas perkebunan dan peternakan kabupaten tabalong sudah cukup baik karena kondisi lingkungan kerja yang sudah nyaman, kompensasi yang sudah memadai, supervise yang baik, adanya jaminan pekerjaan karena dengan adanya jaminan hari tua, tanggung jawab karyawan terhadap pekerjaan sudah cukup baik juga. Sedangkan untuk kinerja pegawai sudah cukup baik karena kualitas pekerjaan sudah sesuai dengan yang diharapkan, kuantitas sudah sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing pegawai, karyawan juga sudah menyelesaikan pekerjaannya dengan tepat waktu, memiliki semangat kerja karena adanya reward punishment, dan karyawan sudah melakukan pekerjaanya secara disiplin, (3) Kendala pemimpin dalam menjalankan tugas karena sering kurangnya komunikasi antara atasan dan bawahan, kurang terbuka dan minimnya kritik dan saran dari bawahan, (4) Bentuk kebijakan motivasi kerja yang dilakukan oleh seorang pemimpin di kantor dinas perkebunan dan peternakan kabupaten tabalong untuk meningkatkan kinerja pegawai dengan motivasi positif dan negatif. Motivasi Positif dengan adanya motivasi positif semangat kerja karyawan akan meningkat karena umumnya manusia senang menerima yang baik-baik saja. Motivasi Negatif dengan adanya motivasi negatif semangat kerja karyawan dalam jangka waktu pendek akan meningkat karena mereka takut dihukum, tetapi untuk jangka waktu panjang dapat berakibat kurang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan, Motivasi, Kinerja Pegawai
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Elmiati
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:06
Last Modified: 23 Feb 2023 03:06
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15503

Actions (login required)

View Item View Item