Manajemen Sistem Informasi dalam Pelayanan Akademik di Perguruan Tinggi (Deskriptif Analisis Universitas Lambung Mangkurat)

DEWI, FUJI LESTARI (2023) Manajemen Sistem Informasi dalam Pelayanan Akademik di Perguruan Tinggi (Deskriptif Analisis Universitas Lambung Mangkurat). Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
penyataan keaslian.pdf

Download (571kB)
[img] Text
pengesahan Tesis.pdf

Download (569kB)
[img] Text
abstrakk.pdf

Download (91kB)

Abstract

Sistem Informasi mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga perguruan tinggi dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik dan efektif kepada komunitasnya, baik didalam maupun diluar perguruan tinggi tersebut melalui internet. SIA perlu dikelola agar berjalan efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam dan memahami hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan sistem informasi akademik yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi, serta solusi penerapan sistem informasi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif Deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menemukan (1) Perencanaan dengan memperbaharui sistem informasi dan meningkatkan kualitas informasi, akan lebih efisien untuk kepuasan pengguna informasi dan memenuhi kebutuhan penerima informasi. (2) Pembagian tugas dengan komunikasi yang koordinatif dan disesuaikan dengan kebutuhan akan menghasilkan layanan yang produktif dan menciptakan kemudahan dalam penyampaian informasi bagi pengguna dan penerima informasi. (3) Pelaksanaan layanan dengan pemutakhiran sistem elektronik akan meningkatkan efektifitas kualitas informasi. Dan melakukan sosialisasi akan mendukung peningkatan perolehan informasi bagi penerima informasi. (4) Pengawasan pemutakhiran sistem informasi secara efektif akan meningkatkan kualitas layanan bagi pengguna informasi. Evaluasi sistem informasi akan dapat mempengaruhi kualitas penggunaan informasi.(5) serta solusi dan kontribusi penerapan sistem informasi akademik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi akademik, Manajemen, pelayanan akademik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Fuji Lestari Dewi
Date Deposited: 04 Mar 2023 02:47
Last Modified: 04 Mar 2023 02:47
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15576

Actions (login required)

View Item View Item