HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN KEBIASAAN MENGKONSUMSI MAKANAN YANG BERSIFAT KARIOGENIK DENGAN ANGKA KARIES GIGI DI SDN 1 JAMBU HILIR KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

Listia, Hayati (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN KEBIASAAN MENGKONSUMSI MAKANAN YANG BERSIFAT KARIOGENIK DENGAN ANGKA KARIES GIGI DI SDN 1 JAMBU HILIR KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (162kB)
[img] Text
pernyataan keaslian.pdf

Download (256kB)

Abstract

Karies gigi merupakan penyakit pada jaringan gigi dan diawali dengan terjadinya kerusakan pada permukaan gigi yaitu dari bagian enamel ke dentin yang kemudian meluas ke arah pulpa. Anak usia sekolah umumnya mempunyai resiko tinggi mengalami karies gigi karena pada usia tersebut terjadi pergantian gigi dan pengetahuan yang dimiliki anak masih kurang terutama dalam kebisaaan makanan kariogenik. Populasi penelitian adalah semua murid kelas IV,V dan VI SDN 1 Jambu Hilir sebanyak 51 orang dengan sampel menggunakan total populasi dan teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling. Uji statistik menggunakan chi square test. Hasil penelitian menunjukkan angka karies gigi responden sebagian besar tinggi sebanyak 19 responden (37,23%), pengetahuan tentang makanan kariogenik sebagian besar kurang sebanyak 28 responden (54,9%) dan kebiasaan mengkonsumsi makanan yang bersifat kariogenik responden berisiko sebanyak 32 responden (62,7%). Ada hubungan pengetahuan (p-value =0,001) dan kebiasaan mengkonsumsi makanan yang bersifat kariogenik (p-value =0,041) dengan angka karies gigi di SDN 1 Jambu Hilir Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Di sarankan bagi Sekolah melakukan edukasi kesehatan gigi dan mulut serta gaya hidup sehat konsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayur kepada siswanya serta kegiatan penyuluhan oleh tenaga kesehatan mengenai cara menjaga kesehatan gigi dan mulut, cara menyikat gigi yang benar serta konsumsi makanan yang baik bagi kesehatan gigi dan mulut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Karies Gigi, Kebiasaan, Pengetahuan, Makanan Kariogenik
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Listia Hayati
Date Deposited: 29 May 2023 01:02
Last Modified: 29 May 2023 01:02
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15604

Actions (login required)

View Item View Item