PENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA PROGRAM AMTSILATI TERHADAP HASIL BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL FALAH BANJARBARU

JARIAH, JARIAH (2023) PENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA PROGRAM AMTSILATI TERHADAP HASIL BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL FALAH BANJARBARU. Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (558kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Orisinalitas (1).pdf

Download (106kB)

Abstract

Belajar dengan teman sejawat tentu salah satu metode yang sangat menyenangkan, karena dalam dunia mengajar metode sangat beragam. Metode adalah sesuatu yang sangat penting dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan dari sebuah pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode tutor sebaya pada program Amtsilati terhadap hasil belajar santri di pondok pesantren Al Falah Banjarbaru, serta untuk mengetahui kendala apa yang dapat mempengaruhi penggunaan metode tutor sebaya dalam pengguaan metode tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah para santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian kualitatif ini adalah dengan menggunakan teknik observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumen. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah koleksi data, editing, pengklasifikasian data, dan reduksi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan metode tutor sebaya telah terjadi peningkatan dalam hasil belajar santri program Amtsilati pada pondok pesantren Al Falah di Banjarbaru, dalam program ini para tutor melakukan pengunaan metode tutor sebaya dengan cukup baik dan selain itu para santri juga menjadi merasa memiliki minat mengikuti program Amtsilati dengan penerapan pembelajaran yang menggunakan metode belajar yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: program Amtsilati, metode tutor sebaya, hasil belajar santri, Al Falah
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > L Education (General)
Depositing User: Jariah
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:21
Last Modified: 27 Mar 2023 03:21
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15614

Actions (login required)

View Item View Item