APLIKASI E-RECRUITMENT DAN SELEKSI PEGAWAI NON PNS (BUKAN PEGAWAI NEGERI SIPIL) PADA BADAN KEUANGAN DAERAH KOTA BANJARMASIN BERBASIS WEB

Saputra, Ridhoni (2023) APLIKASI E-RECRUITMENT DAN SELEKSI PEGAWAI NON PNS (BUKAN PEGAWAI NEGERI SIPIL) PADA BADAN KEUANGAN DAERAH KOTA BANJARMASIN BERBASIS WEB. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (36kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (217kB)

Abstract

Badan Keuangan Daerah Kota Banjarmasin mempunyai tugas mengelola aset dan semua pajak daerah Kota Banjarmasin. Adapun Permasalahan yang terjadi yaitu keterbatasan waktu karena padatnya rutinitas pegawai membuat perekrutan karyawan tertunda. Selain itu, proses rekrutmen yang selama ini berjalan masih menggunakan kertas dan metode manual. Hal tersebut menimbulkan beberapa masalah seperti data pelamar yang rentan hilang dan rusak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi dengan topik yang diambil. Sedangkan metode pengembangan yang digunakan yaitu metode waterfall. Dalam pembuatan aplikasi menggunakan PHP sebagai bahasa pemograman, MySQL sebagai penyimpanan data, dan program diuji dengan metode blackbox. Hasil akhir dari penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini tidak mengurangi kinerja pegawai dalam bekerja, karena dengan adanya sistem ini waktu yang digunakan untuk merekrut atau menyeleksi peserta calon pegawai lebih efektif dan efisien. Aplikasi yang dirancang dapat memproteksi data dengan baik. Pada saat tes tidak lagi menggunakan kertas, serta data pelamar mengenai data diri, pengalaman, pendidikan, dan keluarga sudah tertera dalam bentuk CV (Curriculum Vitae) atau riwayat hidup. Aplikasi ini dapat dikembangkan lagi dengan menambahkan menu upload file/berkas dari user tersebut, agar proses adminstrasinya lebih mudah diakses kapanpun dan dimanapun. Serta pada menu user terdapat pesan yang menampilkan notifikasi dan update terkini mengenai sampai dimana jalannya proses rekrutmen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Rekrutmen, Web, Waterfall, Blackbox
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Ridhoni Saputra
Date Deposited: 08 Apr 2023 03:48
Last Modified: 08 Apr 2023 03:48
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15635

Actions (login required)

View Item View Item