SISTEM INFORMASI PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN DAN SURAT PENGANTAR BERBASIS WEB PADA KANTOR DESA KECAMATAN WANARAYA KABUPATEN BARITO KUALA

Herawaty, Mira Feberryna (2023) SISTEM INFORMASI PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN DAN SURAT PENGANTAR BERBASIS WEB PADA KANTOR DESA KECAMATAN WANARAYA KABUPATEN BARITO KUALA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI..pdf

Download (190kB)
[img] Text
KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (318kB)
[img] Text
ARTIKEL_JURNAL_MIRA FEBERRYNA HERAWATY_18630033 2_removed.pdf

Download (76kB)

Abstract

Surat menyurat merupakan salah satu jenis pelayanan yang terpenting yang ada di setiap kantor desa. Terdapat sejumlah jenis surat yang biasanya dilayani oleh desa seperti surat pernyataan, surat keterangan kelahiran, surat keterangan kematian, surat keterangan domisili, surat keterangan pindah, surat pengantar KTP, surat pengantar kartu keluarga dan beberapa surat-surat lainnya. Dalam pelaksanaannya terdapat kendala yaitu pegawai desa harus mengetik isi surat secara manual. Hal ini bisa menghambat kinerja pelayanan surat keterangan di kantor desa dan menyebabkan penumpukan antian warga yang ingin membuat surat keterangan. Selain itu, pengarsipan juga masih manual dengan menggunakan buku besa untuk mencatatan siapa saja yang membuat surat keterangan sehingga menjadi masalah tersendiri. Pengarsipan seperti ini berisiko terjadi kehilangan data, misalnya apabila terjadi kebakaran, buku terselip, hilang, basah dan sebagainya. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan suatu sistem informasi berbasis web yang dapat memberikan pelayanan surat menyurat pada kantor desa. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat membantu pegawai desa dalam menyediakan pelayanan pembuatan surat keterangan dan surat pengantar secara mandiri serta data yang tersimpan denga naman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Surat, Kantor Kecamatan, Web
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Mira Feberryna Herawaty
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:57
Last Modified: 09 Mar 2023 02:57
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15698

Actions (login required)

View Item View Item