ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN JALAN TRANS KALIMANTAN DI KABUPATEN PULANG PISAU (Studi Kasus : Desa Henda, Kec.Jabiren Raya)

Ikhsan, Lukman Nor (2023) ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN JALAN TRANS KALIMANTAN DI KABUPATEN PULANG PISAU (Studi Kasus : Desa Henda, Kec.Jabiren Raya). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Pernyatan Keaslian Skripsi.pdf

Download (212kB)

Abstract

Jalan merupakan salah satu jenis prasarana transportasi darat yang memegang peranan penting bagi pengembangan suatu daerah terutama dibidang ekonomi dan sosial. Ruas jalan trans kalimantan di kabupaten pulang pisau khususnya didesa henda, merupakan jalan dengan lalu lintas yang tinggi sebagai penghubung Banjarmasin - Palangka Raya. Apabila terjadi kerusakan jalan terjadi tentunya berpengaruh pada waktu tempuh semakin lama, kecelakaan lalu lintas, keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Untuk itu perlu sebuah rencana perbaikan dan pemeliharaan dengan menggunakan metode PERMEN PU NOMOR : 13/PRT/M/2011 Pemeliharaan Jalan danPenilikan Jalan. Kerusakan jalan dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya air, cuaca, kondisi tanah dasar yang tidak stabil, peningkatan volume kendaraan yang melintas dan lain-lain. Jenis kerusakan yang terjadi pada jalan trans kalimantan didesa henda sebanyak 6 yaitu : Retak Buaya, Retak Halus, Retak Pinggir, Pelepasan Butir, Jembul, Dan Lubang. Dengan menggunakan metode PERMEN PU NOMOR : 13/PRT/M/2011 Pemeliharaan Jalan dan Penilikan Jalan di dapatkan hasil nilai kondisi kerusakan jalan sebanyak 7,33% dengan tingkat kerusakan sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kerusakan, Jenis dan Penyebab Kerusakan Jalan, PERMEN PU
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Lukman Nor Ikhsan
Date Deposited: 11 Mar 2023 02:42
Last Modified: 11 Mar 2023 02:42
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15723

Actions (login required)

View Item View Item