INTEGRASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DENGAN PENDIDIKAN AGAMA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA SDN 1 GUNTUNG MANGGIS BANJARBARU

Tazkiroh, Laila (2023) INTEGRASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DENGAN PENDIDIKAN AGAMA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA SDN 1 GUNTUNG MANGGIS BANJARBARU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Keaslian_Skripsi_LailaTazkiroh.pdf

Download (370kB)
[img] Text
Abstrak_LailaTazkiroh.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Pengesahan_Skripsi_LailaTazkiroh.pdf

Download (191kB)

Abstract

Integrasi yaitu suatu proses kesatuan memadukan pendidikan multikural dengan pendidikan agama untuk membentuk karakter siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan multikultural dalam pembentukan karakter siswa SDN 1 Guntung Manggis Banjarbaru dan mendeskripsikan integrasi pendidikan multikultural dengan pendidikan agama untuk membentuk karakter siswa SDN 1 Guntung Manggis Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan objek kepala sekolah, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber untuk memperoleh keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendidikan multikultural untuk membentuk karakter siswa SDN 1 Guntung Manggis Banjarbaru terdapat: 1) Nilai Kesamaan/ Kesetaraan, 2) Nilai Persatuan, 3) Nilai Keadilan, 4) Nilai Kekerabatan, 5) Nilai Toleransi, 6) Cinta Damai. Integrasi pendidikan multikultural dengan pendidikan agama untuk membentuk karakter siswa SDN 1 Guntung Manggis Banjarbaru yaitu 1) Perencanaan; pendidikan agama diintegrasikan dengan nilai-nilai multikultural melalui penyusunan RPP, 2) Pelaksanaan; pendekatan pembelajaran diterapkan melalui pendekatan komunikatif sehingga integrasi pendidikan agama dengan nilai-nilai multikultural dapat diterapkan dengan baik, 3) Evaluasi; menggunakan penilaian autentik untuk kemajuan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Pendidikan Multikultural, Pendidikan Agama, Karakter
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Laila Tazkiroh
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:12
Last Modified: 10 Apr 2023 03:12
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15771

Actions (login required)

View Item View Item