PENGUKURAN EFEKTIVITAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVINESS (OEE) PADA MIXER AGITATOR DI PDAM KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Yohana, M Aditya (2023) PENGUKURAN EFEKTIVITAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVINESS (OEE) PADA MIXER AGITATOR DI PDAM KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PDF Scanner Lembar pengesahan ujian.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PDF Scanner Pernyataan Keaslian skripsi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1 ARTIKEL YOHANA.pdf

Download (53kB)

Abstract

Tujuan pada penelitian untuk mengetahui Pengukuran Efektivitas Menggunakan Pendekatan Metode Overall Equipment Effectiveness (Oee) Pada Mixer Agitator Di Pdam Kabupaten Hulu Sungai Utara Metode penelitian ini denganMelakukan observasi Untuk informasi lebih lanjut tentang agitator mixer, silakan melakukan observasi dan wawancara langsung dengan direktur atau staf PDAM Kabupaten Hulu Sungai Utara danPengumpulan data terdiri dari data primer dan sekunder Hasil Diperoleh hasil persentase dari perhitungan nilai Avaliability berkisar antara 50% - 88,57%, sedangkan hasil persentase dari perhitungan nilai Performance Efficiency berkisar antara 82,08% - 96,93%, kemudian hasil dari perhitungan Rate of Quality Product berkisar antara 99,48% - 99,86%. Lalu diperoleh hasil persentase dari perhitungan nilai Overall Equipment Effectiveness (OEE) yang berkisar antara 48,20% - 85,25%, dengan rata-rata nilai OEE pada bulan Januari hingga Desember 2021 yaitu sebesar 65,54%.Faktor yang paling berpengaruh pada rendahnya efektivitas mesin Mixer Agitator dengan menggunakan analisa metode OEE (Overall Equipment Effectiveness) yaitu terdapat pada faktor Idling and Minnor Stoppage Loss. Nilai OEE (Overall Equipment Effectiveness) yang tertinggi yaitu berada periode minggu ke-13 dengan persentase sebesar 85,25%. Sedangkan nilai OEE terendah berada pada periode minggu ke-9 yaitu sebesar 48,20%. Hal ini disebabkan oleh banyaknya waktu yang terbuang sia-sia karena waktu non produktif dari mesin yang tidak banyak melakukan operasi.Usulan perbaikan unuk meminimalkan Idling and Minnor Stoppage Loss dengan cara menerapkan autonomous maintenance (Pemeliharaan Mandiri) yang bertujuan agar operator memiliki pengetahuan mengenai mesin sehingga mereka mampu memahami, mengelola, dan memperbaiki proses pada mesin yang berada di area tanggung jawab mereka agar mesin selalu berada pada performa terbaiknya. Selanjutnya operator juga perlu diberikan pelatihan (Training) terhadap masalah yang ada dan melakukan evaluasi secara berkala agar dapat melakukan tugasnya dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang telah diterapkan perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengukuran Efektivitas, Metode Overall Equipment Effectiveness (Oee) ,Mixer Agitator
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TS Manufactures
Depositing User: M.aditya Yohana
Date Deposited: 29 Mar 2023 05:35
Last Modified: 29 Mar 2023 05:35
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15968

Actions (login required)

View Item View Item