APLIKASI PENGELOLAAN DATA DAN INFORMASI PENGUASAAN, PEMILIKAN, PENGGUNAAN, PEMANFAATAN TANAH (DIP4T) BERBASIS WEB PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN TAPIN

Hariadi, Ahmad (2023) APLIKASI PENGELOLAAN DATA DAN INFORMASI PENGUASAAN, PEMILIKAN, PENGGUNAAN, PEMANFAATAN TANAH (DIP4T) BERBASIS WEB PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN TAPIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PERNYATAAN HARIADI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
PENGESAHAN HARIADI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Artikel Hariadi_removed.pdf

Download (41kB)

Abstract

Kantor Pertanahan Kabupaten Tapin memiliki beberapa kegiatan Program Prioritas Nasional diantaranya kegiatan Data dan Informasi Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (DIP4T) Pengumpulan data DIP4T oleh petugas perangkat Desa/Kelurahan terbilang sangat lambat dikarenakan masih dikerjakan secara manual seperti penulisan formulir DIP4T yang lumayan memakan waktu. Proses pelayanan di Kantor Pertanahan Kabupaten Tapin masih menggunakan manual menyebabkan pemborosan kertas. Ketika pimpinan ingin mengetahui jumlah masyarakat yang sudah melakukan pendataan DIP4T, petugas mengalami kesulitan dikarenakan rekapan laporan selalu hilang. Pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 metode yaitu Metode pengumpulan data dan metode pengembangan sistem, metode pengumpulan data ada 3 metode pengamatan, wawancara dan studi dokumentasi. Metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall Ini termasuk Analisis, Desain, Coding, Pengujian dan Pemeliharaan. Metode analisis dan perancangan yang digunakan dalam pembuatan sistem sebagai model proses menggunakan UML sebagai model data. pada aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework codeigniter dan MySQL untuk manajemen basis datanya. Dengan aplikasi inventarisasi penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah (DIP4T) diharpkan dapat memberikan kemudahan dalam aplikasi pengolahan data dan informasi penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah dapat memudahkan petugas dalam input data DIP4T.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, DIP4T, Subjek, Objek
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 01 Apr 2023 03:51
Last Modified: 01 Apr 2023 03:51
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16010

Actions (login required)

View Item View Item