EFEKTIVITAS PADA BALAI LATIHAN KERJA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SOFTSKILL DAN HARDSKILL TENAGA KERJA DALAM PERSPEKTIF SUMBER DAYA INSANI (Studi Kasus UPT BLK Kuala Kapuas Kec. Selat Kab. Kapuas)

Anisa, Nor (2023) EFEKTIVITAS PADA BALAI LATIHAN KERJA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SOFTSKILL DAN HARDSKILL TENAGA KERJA DALAM PERSPEKTIF SUMBER DAYA INSANI (Studi Kasus UPT BLK Kuala Kapuas Kec. Selat Kab. Kapuas). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (213kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (374kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (44kB)

Abstract

Nor Anisa, 2022, Efektivitas Pada Balai Latihan Kerja Dalam Meningkatkan Kualitas Softskill Dan Hardskill Tenaga Kerja Dalam Perspektif Sumber Daya Insani. Skripsi, Program Sarjana, Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari. Pembimbing I : Zakiyah, S.S., M.SI, Pembimbing II : Yunisa Fitriana, S,S,T., M.E Hardskills adalah infrastrukturnya dan softskills adalah superstruktur. Bangunan dikatakan lengkap jika infrastruktur dan superstrukturnya ada. Hal utama yang perlu diperhatikan dan dicermati adalah menyatukan softskills dan hardskills untuk kelangsungan dan kesuksesan seorang professional sebagai lulusan Perguruan Tinggi yang akan menghadapi dunia kerja. Tenaga kerja adalah seorang penduduk yang memiliki usia kerja. Tenaga kerja merupakan seseorang yang mampu melakukan suatu pekerjaan guna menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhannya sendiri ataupun untuk masyarakat sekitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana efektifitas Balai Latihan Kerja dalam meningkatkan kualitas softskill dan hardskill tenaga kerja di UPT BLK Kabupaten Kapuas dan Bagaimana peran Balai Latihan Kerja dalam meningkatkan kualitas softskill dan hardskill tenaga kerja menurut perspektif manajemen sumber daya insani. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk meneliti 100 populasi dengan 20 sampel, teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, kuesioner, hasil penelitian ini menunjukkan H1 nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 7,016 < t tabel 2.101, sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh X terhadap Y. H2 nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 49,225 > F tabel 4,38, sehingga dapat disimpulkan bahwa H2 diterima yang berarti terdapat pengaruh X secara simultan terhadap Y. Peran UPT BLK Kabupaten Kapuas dalam meningkatkan kualitas softskill dan hardskill tenaga kerja menurut Manajemen Sumber Daya Insani tidak mengalami perbedaan, semua praktek manajemen Sumber Daya Insani semuanya dijalankan dengan sebaik-baiknya, berdasarkan apa yang sudah ada dalam al-Quran dan al-Hadist.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hardskill, Kinerja Tenaga Kerja dan Softskill.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Nor Anisa
Date Deposited: 08 Jun 2023 05:28
Last Modified: 08 Jun 2023 05:28
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16121

Actions (login required)

View Item View Item