Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris di Masa Pandemi Covid-19 Pada Unit Pengembangan Bahasa Universitas Islam Negeri Antasari

Mumtazah, Fitria (2023) Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris di Masa Pandemi Covid-19 Pada Unit Pengembangan Bahasa Universitas Islam Negeri Antasari. Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
repository.pdf

Download (156kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (96kB)
[img] Text
keaslian.pdf

Download (118kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran bahasa asing yang dilaksanakan oleh UPB UIN Antasari di masa pandemi Covid-19, serta untuk menganalisa proses pembelajaran bahasa asing yang dilaksanakan oleh UPB UIN Antasari di masa pandemi Covid-19 tersebut melalui perspektif manajemen pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan, yang datanya dikumpulkan melalui observasi saat proses belajar-mengajar berlangsung, wawancara kepada pengelola UPB, tenaga pengajar (tutor), dan peserta program (mahasiswa), serta studi dokumen terhadap buku ajar maupun dokumen pembelajaran lainnya. Penulis kemudian melakukan validasi terhadap data tersebut dengan teknik triangulasi, dan menganalisanya secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama pandemi Covid-19 ini UPB telah menerapkan prinsip manajemen pembelajaran dalam pembelajaran intensif bahasa Inggrisnya. Bahkan dalam beberapa hal, UPB berada di atas standar teoritis yang ditentukan oleh manajemen pembelajaran tersebut, misalnya pada bagian konsistensi honor tutor, fasilitas pembelajaran yang juga memperhatikan aspek kenyamanan tutor, dan rasio tutor dan mahasiswa per kelas yang rata-ratanya 1:20. Adapun kekurangan dari pelaksanaan manajemen pembelajaran oleh UPB ini adalah ketiadaan dokumen RPS dan silabus, yang menyebabkan sejumlah ketentuan dalam tahapan pelaksanaan pembelajaran menjadi sulit diukur. Namun tidak adanya kedua dokumen pembelajaran tersebut tidak lantas membuat program intensif ini gagal, karena UPB telah menyediakan buku ajar untuk menggantikannya. Berdasarkan hasil ujian akhirnya, terbukti bawa program intensif ini berhasil dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran; Pandemi Covid-19; Unit Pengembangan Bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:16
Last Modified: 13 Apr 2023 04:16
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16132

Actions (login required)

View Item View Item