KOMUNIKASI NONVERBAL MENGGUNAKAN STICKER WHATSAPP DALAM MENGEKSPRESIKAN PERASAAN (Studi Kasus Kualitatif Pada Mahasiswa UNISKA MAB FISIP Jurusan Ilmu Komunikasi)

Nurrahmi, Nurrahmi (2023) KOMUNIKASI NONVERBAL MENGGUNAKAN STICKER WHATSAPP DALAM MENGEKSPRESIKAN PERASAAN (Studi Kasus Kualitatif Pada Mahasiswa UNISKA MAB FISIP Jurusan Ilmu Komunikasi). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Surat Pernyataan.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Abstrak (2)_removed.pdf

Download (299kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perasaan / emosi yang terkandung pada sebuah sticker yang digunakan pada saat berkomunikasi menggunakan WhatsApp. Didalam aplikasi WhatsApp terdapat sticker yang digunakan pengirim pesan untuk mewakili perasaan yang dirasakan pada saat mengirim pesan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan analisis semiotika, dengan melakukan pengamatan secara menyeluruh dari segala tanda dalam menggunakan sticker pada kegiatan bertukar pesan melalui WhatsApp. Teknik pengumpulan data ialah dengan pengumpulan data melalui wawancara dengan cara memvideo call para narasumber melalui WhatsApp dan kuisioner yang disebar secara online melalui google form serta dokumentasi mengumpulkan screenshoot kegiatan berkomunikasi teks via WhatsApp kepada beberapa mahasiswa jurusan ilmu komunikasi yang tengah menempuh pendidikan di Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari. Hasil penelitian penggunakan sticker pada saat berkomunikasi teks via WhatsApp adalah mampu meningkatkan tingkat efektivitas komunikasi, kehadiran sticker dalam pesan teks mampu mempermudah penerima pesan dalam mempresepsikan makna pesan sehingga meminimalisir kesalahpahaman dan komunikasi menjadi lebih efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Nonverbal, Komunikasi Simbolik, Sticker WhatsApp
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Khoirotun Nisa
Date Deposited: 09 May 2023 03:46
Last Modified: 09 May 2023 03:46
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16290

Actions (login required)

View Item View Item