SISTEM INFORMASI PELAYANAN PEMBUATAN , PERUBAHAN DATA KEPENDUDUKAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARMASIN BERBASIS WEB

Wahyudi, Muhammad Faisal (2023) SISTEM INFORMASI PELAYANAN PEMBUATAN , PERUBAHAN DATA KEPENDUDUKAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARMASIN BERBASIS WEB. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (60kB)
[img] Text
Jurnal_Muhammad Faisal Wahyudi_removed.pdf

Download (189kB)

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin merupakan unit kerja yang perlu penanganan secara khusus dan profesional, karena menyangkut masalah administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dengan menggunakan sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) yang disajikan suatu sesuai dengan kepentingan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Untuk mencapai keberhasilan tersebut, perlu adanya peran serta teknologi informasi agar dapat mengelola segala aktifitas pekerjaan yang sifatnya dapat membantu kelancaran kegiatan dan pekerjaan serta dapat meningkatkan pelayanan untuk masyarakat. Walaupun saat ini prosedur pelayanan kepada masyarakat sudah dilakukan dengan menerapkan sistem digitalisasi yaitu menggunkan aplikasi chatting WhatsApp, tetapi masih kurang efektif seperti masyarakat hanya bisa mengurus permohonan pengajuan saat jam kerja sehingga kurangnya fleksibelitas serta keefisienan waktu membuat pelayanan kepada masyarakat terhambat dan menyita banyak waktu. Lalu masalah selanjutnya ada pada proses perekapan data pengajuan dan data syarat masih menggunkan Microsoft Excel, tetapi masih banyak kendala yang ditemukan pada penggunaan sistem lama tersebut karena tidak terstrukturnya data yang tersimpan sehingga file-file disimpan didalam harddisk komputer akan sulit ditemukan dan rentannya hilang atau rusaknya file. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun atau merancang sebuah sistem informasi yang dapat memudahkan para karyawan dalam perekapan data dan proses dalam pembuatan dan perubahan data kependudukan serta pelayanan kepada masyarakat dalam mengurus permohonan pengajuan. Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode Waterfall dalam pendekatan perancangan program agar sesuai dengan kebutuhan user Menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database. Hasil akhir dari penelitian ini diharapkan aplikasi dapat membantu proses perekapan data, pelayanan kepada masyarakat serta proses dalam pembuatan dan perubahan data kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Web, DISDUKCAPIL Kota Banjarmasin
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Muhammad Faisal Wahyudi
Date Deposited: 25 May 2023 01:42
Last Modified: 25 May 2023 01:42
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16502

Actions (login required)

View Item View Item