FAKiTORi-FAKTOR YANG BEiRHiUiBUNGANi DENGANi KUNJUNiGAN PiASIEN KiEPESERTAAN JAMINAiN KESEiHATAN iNASIONALi (JKN) i DI PUSKiESMAS CEiMPAKA KOTA BANJiARMASINi TAHUN 2022

Aulia, Afrina (2023) FAKiTORi-FAKTOR YANG BEiRHiUiBUNGANi DENGANi KUNJUNiGAN PiASIEN KiEPESERTAAN JAMINAiN KESEiHATAN iNASIONALi (JKN) i DI PUSKiESMAS CEiMPAKA KOTA BANJiARMASINi TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar Pengesahan Afrina.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Afrina.pdf

Download (154kB)
[img] Text
artikel afrina_removed.pdf

Download (18kB)

Abstract

Diata di iwilayah kerija Puiskesmais Cempiaka Kotai Banjarimasin ipada tahiun 2020 ikepeseritaan Jamiinan Keseihatan Naisional (JKN) berjiumlah i15.535 pieserta. iData terisebut meingalami ipenuruani pada taihun 2021, i ditemukian darii data di iPuskesmais Cempakia Kota Bainjarmasiin pada taihun 202i1 kepeseritaan Jaiminan Keisehatan Niasional (iJKN) menuirun menijadi 14. i331 peserita. Peneliitian ini ibertujuani untuk meinganalis fiaktor-fakitor yang iberhubungain dengan keipesertaain Jaminain Kesehatian Nasioinal (JKN) idi wilayiah kerja iPuskesmasi Cempakai Kota Banjiarmasin Taihun 2022. iPenelitiain ini menggiunakan meitode kuantiitatif yaing bersifati survei ianalitik dalami rancangan cross sectioinal. Popuilasi dalami penelitiian ini adialah kepiesertaan iJKN di Piuskeismas Cempaka pada bulan Januari sampai Februari tahun 2022 sebanyak 446 peserta dan umlah sampel 89 responden yang ditentukan dengan teknik accidental sampling dengan menggunakan kuesioner yang disertai wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pendidikan dengan kepesertaan JKN (p=0,000), ada hubungan antara pekerjaan dengan kepesertaan JKN (p=0,045), ada hubungan antara pengetahuan dengan kepesertaan JKN (p=0,000), dan tidak ada hubungan antara penghasilan dengan kepesertaan JKN (p=0,735), dan pula tidak ada hubungan antara dukungan petugas kesehatan dengan kepesertaan JKN (p=0,956). Kesimpulan penelitian ini bahwa pendidikan, pekerjaan, dan pengetahuan, berhubungsn tehadap pemanfaatan JKN sedangkan penghasilan dan dukungan keluarga tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemanfaatan JKN di Puskesmas Cempaka Kota Banjarmasin. Diharapkan pemanfaat JKN dapat diperoleh secara merata kepada masyarakat terutama di wilayah Puskesmas Cempaka Kota Banjarmasin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: JKN, pendidikan, pekerjaan, dan pengetahuan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:30
Last Modified: 09 Jun 2023 03:30
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16745

Actions (login required)

View Item View Item