Hubungan Penggunaan Air Bersih dan Kebiasaan Ibu Mencuci Tangan Dengan Kejadian Diare Pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Selat Kabupaten Kapuas Tahun 2022

NURRAHIM, ALDY (2023) Hubungan Penggunaan Air Bersih dan Kebiasaan Ibu Mencuci Tangan Dengan Kejadian Diare Pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Selat Kabupaten Kapuas Tahun 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (230kB)
[img] Text
SP KEASLIAN PENELITIAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text
UPLOAD REPOSITORY_removed.pdf

Download (40kB)

Abstract

Diare merupakan penyakit endemis khususnya di negara berkembang seperti Indonesia dan penyakit yang berpotensi megalami Kejadian Luar Biasa (KLB) yang sering disertai dengan kematian (Kemenkes RI, 2020). Data dari Puskesmas Selat tahun 2021 menunjukkan jumlah kasus yang terkena diare sebanyak 124 orang balita selama satu tahun terakhir. Paling banyak dibulan Juli yaitu sebanyak 17 orang balita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan air bersih dan kebiasaan mencuci tangan ibu dengan kejadian diare pada balita di Puskesmas Selat Kabupaten Kapuas tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang memiliki balita di wilayah kerja UPT Puskesmas Selat yang terdiri dari 124 orang balita. Jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 95 responden dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara penggunaan air bersih dengan kejadian diare pada balita di wilayah kerja Puskemas Selat Tahun 2022dengan nilai p = 0,000 < α 0,05. Ada hubungan antara kebiasaan mencuci tangan ibu dengan kejadian diare pada balita di wilayah kerja Puskesmas Selat Tahun 2022 dengan nilai p = 0,000 < α 0,05. Saran bagi instansi terkait agar lebih giat lagi untuk melakukan edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya pencegahan diare seperti kebiasaan mencuci tangan dan penggunaan air bersih sehingga dapat mengurangi resiko terkena diare pada balita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Air Bersih; Kebiasaan Mencuci Tangan; Kejadian Diare
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Aldy Nurrahim
Date Deposited: 10 Jun 2023 01:54
Last Modified: 10 Jun 2023 01:54
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16760

Actions (login required)

View Item View Item