HUBUNGAN KOMITMEN ORGANISASI, STRES DAN MOTIVASI KERJA DENGAN SIKAP PADA PROFESI KEGURUAN PENDIDIK DI SMA NEGERI 1 MATARAMAN DAN SMA NEGERI 2 MARTAPURA

Syukrani, Muhammad (2023) HUBUNGAN KOMITMEN ORGANISASI, STRES DAN MOTIVASI KERJA DENGAN SIKAP PADA PROFESI KEGURUAN PENDIDIK DI SMA NEGERI 1 MATARAMAN DAN SMA NEGERI 2 MARTAPURA. Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PDF ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
PDF LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (417kB)
[img] Text
PDF PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara komitmen organisasi, stres, motivasi kerja dan sikap pada profesi keguruan pendidik di SMA Negeri 1 Mataraman dan SMA Negeri 2 Martapura. Penelitian ini dilakukan pada para pendidik di SMA Negeri 1 Mataraman dan SMA Negeri 2 Martapura. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi adalah para pendidik di SMA Negeri 1 Mataraman dan SMA Negeri 2 Martapura sejumlah 86 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara komitmen organisasi dengan sikap pada profesi keguruan pendidik di SMA Negeri 1 Mataraman dan SMA Negeri 2 Martapura, (2) Terdapat hubungan yang kuat dan signifikan tetapi berlawanan arah antara stres kerja dengan dengan sikap pada profesi keguruan pendidik di SMA Negeri 1 Mataraman dan SMA Negeri 2 Martapura, (3) Terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara motivasi kerja dengan sikap pada profesi keguruan pendidik di SMA Negeri 1 Mataraman dan SMA Negeri 2 Martapura, (4) Terdapat hubungan yang kuat dan signifikan secara bersama-sama (simultan) antara komitmen organisasi, stres, motivasi kerja, dan sikap pada profesi keguruan pendidik di SMA Negeri 1 Mataraman dan SMA Negeri 2 Martapura. Direkomendasikan (1) Perlu adanya kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan profesionalitas pendidik seperti pelaksanaan bimbingan teknis atau diklat fungsional serta prosedur kenaikan pangkat dalam jabatan, (2) Perlu adanya serangkaian kebijakan kepala sekolah untuk membuat kondisi lingkungan kerja yang nyaman dan aman sehingga mampu mendukung meningkatnya komitmen dan motivasi kerja para pendidik di sekolah serta mengurangi stres, (3) Perlu adanya inisiatif pribadi pendidik untuk selalu menjaga komitmen dan motivasi diri terhadap sekolah agar tetap mampu bekerja secara profesional, (4) penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pengkajian peneliti selanjutnya sehingga dapat diperoleh perkembangan yang lainnya dengan memilih variabel lain dan memperluas objek penelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komitmen Organisasi; Stres; Motivasi Kerja; Sikap Pada Profesi Keguruan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Muhammad Syukrani
Date Deposited: 29 Jul 2023 02:32
Last Modified: 29 Jul 2023 02:32
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16780

Actions (login required)

View Item View Item