PENGARUH KEMITRAAN PT. INDOMARCO PRISMATAMA TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN BISNIS UMKM (STUDI KASUS DESA TUNGKAP KECAMATAN BINUANG)

SA'DA, SITI (2023) PENGARUH KEMITRAAN PT. INDOMARCO PRISMATAMA TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN BISNIS UMKM (STUDI KASUS DESA TUNGKAP KECAMATAN BINUANG). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (773kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (303kB)
[img] Text
ARTIKEL SITI SA'DA (1)_removed.pdf

Download (90kB)

Abstract

Ekonomi Islam tidak membenarkan penumpukan kekayaan hanya pada orang - orang tertentu atau orang kaya saja namun tersebar ke seluruh masyarakat. Hal ini dapat dipastikan dengan adanya kepastian sistem ekonomi, hukum dan sosial yang menjamin agar harta dapat tersebar ke masyarakat sehingga dapat menyejahterakan hidup masyarakat, Jadi, pada prinsipnya tanggung jawab sosial perusahaan bertujuan agar perusahaan dapat memberikan kontribusi untuk kemajuan atau peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat. Pelaksanaan program kemitraan saat ini memang sedang berkembang untuk dilaksanakan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia, namun dalam penerapan atau implementasinya tidak semua perusahaan melaksanakan program tersebut dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kemitraan PT. Indomarco Prismatama terhadap minat masyarakat di Binuang dalam mengembangkan bisnis UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi berhjumlah 101 kepala keluarga, penarikan sampel menggunkan rumus slovin berjumlah 50 kepala keluarga, untuk teknik analisis data menggunakan angket dan kuesioner dan di uji dengan SPSS 21. Hasil penelitian ini variabel minat masyarakat di Binuang dalam mengembangkan bisnis UMKM di Desa Tungkap sebesar 13,2%, hasil uji t yaitu nilai sig untuk pengaruh X terhadap Y adalah sebesar 0,006 > 0,05 dan nilai t hitung 2,904 > 2,0106, sehingga dapat di simpulkan bahwa Ha di terima berarti terdapat pengaruh X terhadap Y. Program kemitraan PT. Indomarco Prismatama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat di Binuang dalam mengembangkan bisnis UMKM. Program kemitraan PT. Indomarco Prismatama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat di Binuang dalam mengembangkan bisnis UMKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemitraan, Minat Masyarakat, PT. Indomarco Prismatama
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Siti Sa'da
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:06
Last Modified: 03 Jul 2023 03:06
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16805

Actions (login required)

View Item View Item