UPAYA SEKOLAHDALAM MEMBIASAKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK MELALUI PELAKSANAAN PROGRAM PUASA SENIN KAMIS DI MIS ASSANABIL

Wati, Lisna (2023) UPAYA SEKOLAHDALAM MEMBIASAKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK MELALUI PELAKSANAAN PROGRAM PUASA SENIN KAMIS DI MIS ASSANABIL. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK terbaru lisnawati.pdf

Download (173kB)
[img] Text
pengesahan lisnawati.pdf

Download (150kB)
[img] Text
peryataan keaslian lisna.pdf

Download (143kB)

Abstract

Upaya Sekolah dalam Membiasakan Karakter Tanggung Jawab pada Perserta Didik Melalui Pelaksanaan Program Puasa Senin Kamis di MIS Assanabil. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikanupaya sekolah dalam membiasakan karakter tanggung jawab pada perserta. Serta mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan subjek Wakil Kepala Sekolah, Wali Kelas V dan VI, dan Perserta Didik Kelas V Dan VI. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara ,dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan reduksi, dispaly, dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk memperoleh keabsahan data. berdasarkan hasil penelitian dan disimpulkan bahwa upaya sekolah dalam membiasakan karakter tanggung jawab pada perserta didik melalui pelaksanaan program puasa Senin Kamis di MIS Assanabil bahwa a. Perencanaan, program pembiasaan puasa Senin Kamis merupakan usulan dari yayasan sendiri kemudian akan di laksanakan perserta didik kelas V dan VI. b. Pelaksanaan, pelaksanaan program puasa Senin Kamis dalam membentuk karakter tanggung jawab saat absensi perserta didik MIS Assanabil melalui kegiatan setiap minggu. c. Evaluasi, membiasakan karakter tanggung jawab pada perserta didik melalui program puasa Senin Kamis dilakukan pada rapat asatidzah dan penilain rapot yang disampaikan kegiatan yang berkaitan membiasakan karakter tanggung jawab. a. Faktor pendukung, 1) Dukungan orang tua, 2) Antusias perserta didik. b. Faktor penghambat, Kesulitan bangun sahur. Kata kunci:Tanggung Jawab, Puasa, Senin Kamis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, Puasa, Senin Kamis.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Lisnawati
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:16
Last Modified: 26 Jun 2023 01:16
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16898

Actions (login required)

View Item View Item