ANALISIS MOTIVASI BELANJA KONSUMEN DI TOKO SEMBAKO TERAPUNG DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI KASUS PADA KM. MUARA SUMBER PURUK CAHU KAL-TENG)

Munawarah, Munawarah (2023) ANALISIS MOTIVASI BELANJA KONSUMEN DI TOKO SEMBAKO TERAPUNG DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI KASUS PADA KM. MUARA SUMBER PURUK CAHU KAL-TENG). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
1 ARTIKEL MUNAWARAH.pdf

Download (221kB)
[img] Text
pengesahan Munawarah.pdf

Download (95kB)
[img] Text
1 ARTIKEL MUNAWARAH_removed.pdf

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar latar belakang terkait letak geografis Puruk Cahu Kalimantan Tengah yang berada didaerah terpencil dan akses jalan yang cukup sulit dan jauh, sehingga dengan adanya Toko Sembako Terapung KM. Muara Sumber Puruk Cahu Kalimantan Tengah ini masyarakat pinggir sungai yang sering disebut sebagai lanting dapat memenuhi kebutuhan hidupnya serta menjadi pemasok sembako bagi pedagang di daerah Puruk Cahu hingga Kampung Taluk Jolo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kondisi masyarakat Puruk Cahu Kal-Teng sehingga lebih termotivasi untuk berbelanja di Toko Sembako Terapung KM. Muara Sumber Puruk Cahu (2) motivasi konsumen memilih Toko Sembako Terapung KM. Muara Sumber Puruk Cahu sebagai tempat belanja dipandang dalam perspektif Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus (case study). Hasil penelitian ini yaitu (1) kondisi masyarakat Kabupaten Puruk Cahu yang membuat masyarakat lebih termotivasi untuk berbelanja di Toko Sembako Terapung KM. Muara Sumber Puruk Cahu Kal-Teng karena tempat tinggal mereka berada jauh dari perkotaan, tingkat perekonomian yang masih belum stabil, (2) Motivasi belanja konsumen dalam perspektif Islam terhadap Toko Sembako Terapung KM. Muara Sumber Puruk Cahu Kal-Teng sebagai tempat belanja yaitu karena barang yang dijual merupakan barang kebutuhan hidup sehari-hari yang telah terjamin atas kehalalannya, kualitas dan keamanan untuk konsumen, serta harga jual produk yang dijual tidak terlalu mahal dan tidak mengandung riba meskipun menerapkan sistem utang bagi masyarakat yang membeli dalam jumlah banyak untuk dijual kembali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belanja Konsumen, Perspektif Islam
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 03 Jul 2023 06:15
Last Modified: 03 Jul 2023 06:15
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16956

Actions (login required)

View Item View Item