MEREDUKASI PERILAKU KECANDUAN SHOPPING PADA MAHASISWI MELALUI KONSELING KELOMPOK REALITA BERBASIS ISLAM (STUDI KASUS MAHASISWI FAKULTAS STUDI ISLAM UNISKA MAB).

Rahmah, Siti (2023) MEREDUKASI PERILAKU KECANDUAN SHOPPING PADA MAHASISWI MELALUI KONSELING KELOMPOK REALITA BERBASIS ISLAM (STUDI KASUS MAHASISWI FAKULTAS STUDI ISLAM UNISKA MAB). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (135kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (210kB)

Abstract

Kecanduan shopping merupakan perilaku berbelanja yang berlebihan, repetitif, dan dapat merusak kehidupan seseorang itu sendiri bahkan dapat berdampak ke orang lain. Dampak dari hal negatif tersebut memiliki konsekuensi buruk terhadap hubungan pertemanan, hubungan keluarga, dan hubungan orang terdekat. Pendekatan konseling realita mengajarkan kepada individu mengenai cara-cara yang baik dalam memenuhi kebutuhan. Individu dilatih untuk memenuhi kebutuhan pribadi tanpa harus merugikan orang lain dan harus dapat bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya. Peneliti melakukan wawancara terhadap mahasiswi Fakultas Jurusan Ekonomi Syariah UNISKA. Banyak sekali alasan yang disampaikan tentang apa saja yang membuat mereka terdorong untuk melakukan kegiatan shopping yang berlebihan, Sehingga Rumusan Masalah pada Penelitian ini yaitu Bagaimana cara Temuan penelitian tentang Motif mahasiswa dalam melakukan belanja online sehingga memiliki perilaku konsumtif? dan Apakah konseling realita berbasis Islam dapat menurunkan kecanduan shopping pada mahasiswa FSI UNISKA? Dengan Tujuan Penelitian ini yaitu ingin Mengetahui hasil dari konseling kelompok realita berpengaruh efektif dalam menurunkan kecanduan shopping pada mahasiswa Fakultas Studi Islam UNISKA. Metode yang di guanakan pada penelitian ini yaitumetode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perilaku Kecanduan Shopping pada mahasiswi melalui konseling kelompok realita berbasis Islam (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Studi Islam UNISKA MAB) ini telah ditemukan bahwa motif mahasiswa meliputi ikut-ikutan teman, ingin selalu update barang terbaru, penampilan gambar yang ada di online shop lebih bagus, lebih murah dan menghemat waktu”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecanduan Shopping, Konseling Kelompok dan Realita Berbasis Islam
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 08 Jul 2023 03:53
Last Modified: 08 Jul 2023 03:53
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16997

Actions (login required)

View Item View Item