PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH 3 AL FURQAN BANJARMASIN

Fauniah, Emma (2023) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH 3 AL FURQAN BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (534kB)
[img] Text
Artikel Skripsi Emma Fauniah 18520038_removed.pdf

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak dalam membentuk akhlakul karimah pada peserta didik kelas V di MI Muhammadiyah 3 Al Furqan Banjarmasin serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam membentuk akhlakul karimah pada peserta didik melalui pembelajaran akidah akhlak kelas V di MI Muhammadiyah 3 Al Furqan Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk memperoleh keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam membentuk akhlakul karimah pada peserta didik melalui pembelajaran akidah akhlak kelas V di MI Muhammadiyah 3 Al Furqan Banjarmasin dilakukan dengan: 1). Guru sebagai Pendidik, 2). Guru sebagai Pembimbing, 3). Guru sebagai Latihan Pembiasaan Nasehat atau Motivasi. Faktor pendukung peran guru dalam membentuk akhlakul karimah pada peserta didik melalui pembelajaran akidah akhlak kelas V di MI Muhammadiyah 3 Al Furqan Banjarmasin yaitu: 1) Adanya kesadaran siswa, 2) Keluarga, 3) Lingkungan, 4) Motivasi Guru, 5) Teladan. Adapun Faktor penghambatnya yaitu: 1) Keluarga, 2) Lingkungan, 3) Gadget.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Akidah Akhlak, Membentuk Akhlakul Karimah, Peserta Didik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:06
Last Modified: 10 Jul 2023 03:06
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17008

Actions (login required)

View Item View Item