ANALISIS SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI ANGSAU 4 KABUPATEN TANAH LAUT

Rifani, Irza (2023) ANALISIS SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI ANGSAU 4 KABUPATEN TANAH LAUT. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (116kB)
[img] Text
pernyataan keaslian.pdf

Download (148kB)

Abstract

Peduli lingkungan merupakan sikap dan tindakan untuk mencegah kerusakan pada lingkungan alam disekitarnya serta berupaya untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang sudah ada . Pendidikan karakter peduli lingkungan sebaiknya ditanamkan sejak dini terutama pada sekolah dasar yang merupakan tempat pendidikan yang utama bagi anak. Pendidikan karakter sikap peduli lingkungan melibatkan semua kepentingan dalam pendidikan, baik pihak keluarga, sekolah, lingkungan sekolah, dan juga masyarakat luas Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap peduli lingkungan pada siswa Sekolah Dasar Negeri Angsau 4 Kabupaten Tanah Laut. Jenis penelitian adalah survei analitik dengan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Sekolah Dasar Negeri Angsau 4 kelas V sebanyak 86 responden dengan metode pengumpulan data ,variabel penelitian ini adalah tingkat pengetahuan,sikap dan peran guru, peran orang tua dengan sikap peduli lingkungan siswa. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara tingkat pengetahuan siswa dengan pengelolaan sikap peduli lingkungan siswa (P=0,114), tidak ada hubungan antara peran guru dengan sikap peduli lingkungan siswa (P=1.000) dan tidak ada hubungan antara peran orang tua dengan sikap peduli lingkungan siswa (P=1.000). Disarankan agar pihak sekolah selalu menjaga program adiwiyata terus berjalan dan tetap dilaksanakan jangan sampai ada kemunduran program tersebut di sekolah, karena dengan ada program ini akan memberikan dampak yang positif untuk lingkungan dan semua penduduk disekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sikap peduli lingkungan; peran guru; tingkat pengetahuan; peran orang tua; Sekolah Dasar Negeri Angsau 4
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Irza Rifani
Date Deposited: 05 Aug 2023 02:18
Last Modified: 05 Aug 2023 02:18
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17063

Actions (login required)

View Item View Item