IMPLEMENTASI PEMANFAATAN MINAT DAN BAKAT SISWA DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 MARTAPURA DAN SMK NEGERI 1 SUNGAI PINANG

RAHMADANI, RAHMADANI (2023) IMPLEMENTASI PEMANFAATAN MINAT DAN BAKAT SISWA DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 MARTAPURA DAN SMK NEGERI 1 SUNGAI PINANG. Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PDF ABSTRAK RAHMADANI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Dosen Penguji.pdf

Download (390kB)
[img] Text
Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (420kB)

Abstract

Fenomena pengangguran merupakan salah satu gambaran nyata kondisi pendidikan di Indonesia dalam hal pembinaan minat dan bakat siswa. Sekolah sebagai salah satu tempat belajar seharusnya menjadi tempat untuk mengembangkan minat dan bakat siswa. Hal yang penting dalam pengembangan minat dan bakat siswa adalah memiliki kesadaran terhadap minat dan bakatnya. Kesadaran ini akan mengantarkannya pada pilihan – pilihan strategis di masa depan berkaitan dengan bidang studi yang dipilih, lingkungan belajar yang kondusif serta pilihan profesi sesuai minat dan bakatnya. Pengetahuan tentang minat dan bakat tersebut perlu difasilitasi oleh sekolah, orang tua dan lingkungan masyarakat. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dan menggunakan teknik analisis deskriptif, guna mengetahui permasalahan dan mendapatkan data yang akurat, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa implementasi pemanfaaatan minat dan bakat dilakukan ketika siswa melakukan pendaftaran sekaligus memilih jurusan yang diminati. Siswa juga memilih kegiatan intra dan ektrakurikuler sebagai penunjang minat dan bakatnya. Selain itu siswa juga diminta untuk mengisi angket kebutuhan siswa sebagai dasar dalam layanan konseling. Namun dalam tataran implementasi pemanfaatan minat belum disertai dengan tes khusus bakat sebagai penunjang minat siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: implementasi, minat, bakat, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Rahmadani
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:24
Last Modified: 03 Aug 2023 03:24
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17134

Actions (login required)

View Item View Item