HUBUNGAN USIA, BEBAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA DENGAN STRES KERJA PEGAWAI DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA (DINKESPPKB) KABUPATEN BALANGAN TAHUN 2022

RAHAYU, NOFIANI (2023) HUBUNGAN USIA, BEBAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA DENGAN STRES KERJA PEGAWAI DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA (DINKESPPKB) KABUPATEN BALANGAN TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI (1).pdf

Download (200kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN PENELITIAN.pdf

Download (214kB)

Abstract

Stres kerja adalah suatu kondisi dimana seseorang menjadi gugup dan mengalami kecemasan kronis hingga menjadi marah, agresif, tidak dapat bersantai, atau menunjukkan sikap tidak kooperatif. Menurut data Riskesdas prevelansi Tenaga Kesehatan mengalami stres kerja sebesar 6,0 % dan meningkat di tahun 2018 menjadi 19,8%. Penelitian ini bertujukan untuk meidentifikasi stres kerja, usia, beban kerja dan lingkungan kerja serta menganalisis hubungan antara variabel tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Balangan dengan populasi seluruh PNS sebanyak 40 orang dengan teknik Total Sampling sebanyak 40 responden. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis survei korelasional dengan pendekatan cross sectional. Instrumen menggunakan kuesioner, teknik analisa data menggunakan Chi Square. Hasil penelitian ini menunjukkan 30 responden (75%) mengalami stress. Distribusi usia responden yaitu usia pra pensiun sebanyak 16 responden, usia paruh baya sebanyak 11 responden, usia pekerja awal sebanyak 4 responden. beban kerja berat sebanyak 22 responden, beban kerja sedang sebanyak 6 responden, beban kerja ringan sebanyak 2 responden, lingkunga kerja yang kurang sebanyak 20 responden, lingkungan kerja yang baik sebanyak 10 orang. Hasil analisis menunjukkan ada hubungan usia dengan stres kerja (p – value = 0,032), ada hubungan beban kerja dengan stres kerja (p – value = 0,000), ada hubungan lingkungan dengan stres kerja (p – value = 0,000).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: beban kerja,lingkungan kerja, stres, usia
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Nofiani Rahayu
Date Deposited: 19 Aug 2023 02:25
Last Modified: 19 Aug 2023 02:25
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17149

Actions (login required)

View Item View Item