ANALISIS MUTU PELAYANAN FISIOTERAPI TERHADAP KEPUASAN PENDAMPING PASIEN DI INSTALASI REHABILITASI MEDIK RUMAH SAKIT JIWA SAMBANG LIHUM

Herniyati, Herniyati (2023) ANALISIS MUTU PELAYANAN FISIOTERAPI TERHADAP KEPUASAN PENDAMPING PASIEN DI INSTALASI REHABILITASI MEDIK RUMAH SAKIT JIWA SAMBANG LIHUM. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Keaslian.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Abstrak (9)_removed.pdf

Download (140kB)

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan menjadi hal yang penting dalam organisasi pelayanan kesehatan. Mutu pelayanan memiliki hubungan yang bermakna dengan tingkat kepuasan pelayanan rumah sakit. Kepuasan pasien merupakan suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Tujuan penelitian initadalah untuk menganalisistmutu pelayanan fisioterapitterhadap kepuasan pendamping pasien di InstalasitRehabilitasi Medik RumahtSakit Jiwa Sambang Lihum. Penelitian ini menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah pasien yang datang terhitung dari bulan Juni-November 2022 yaitu sebanyak 288 pasien. Jumlah sampel dalamtpenelitian ini sebanyak 72 orang dengan teknik accidental sampling. Uji statistik menggunakan uji chi square test dan fisher’s exact test. Hasiltpenelitian menunjukkan kepuasan pendamping pasien dalam kategori puas (83,3%). Mututpelayanan fisoterapi berdasarkan aspek kehandalan baik (68,1%), daya tanggap cukup baik (51,4%), jaminan baik (56,9%), empati baik (63,9%) dan bukti fisik baik (55,6%). Analisis bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan kehandalan (p value = 0,001), daya tanggap (p value = 0,006), jaminan (p value = 0,000), empati (p value = 0,000), dan bukti fisik (p value = 0,000), dengan kepuasan pendamping pasien di Instalasi Rehabilitasi Medik RumahtSakit Jiwa SambangtLihum. Diharapkan agar rumah sakit dapat memonitoring evaluasi ataupun audit internal terhadap daya tanggap pelayanan secara berkala lebih intensif lagi dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan, Kepuasan, Pendamping Pasien, Fisioterapi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Herniyati
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:54
Last Modified: 10 Aug 2023 02:54
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17169

Actions (login required)

View Item View Item