PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMITMEN GURU TERHADAP IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMKS ISLAM AL FATTAH ASTAMBUL DAN SMKN 1 BANJARBARU

Sirmyah, Noorhayatie H (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMITMEN GURU TERHADAP IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMKS ISLAM AL FATTAH ASTAMBUL DAN SMKN 1 BANJARBARU. Other thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ARTIKEL UPLOAD bu yati.pdf

Download (88kB)
[img] Text
pengesahan yati.pdf

Download (215kB)
[img] Text
orisinalitas yati.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kepemimpinan ialah seorang pimpinan dalam sebuah perusahaan atau organisasi apapun yang merupakan seorang leader. Pemimpin mempunyai kewenangan untuk mengarahkan dan mengatur perihal yang ada di dalam ruang lingkupnya dengan satu tujuan dan tercapainya tujuan tersebut. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen guru terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah merupakan sebuah penelitian yang melihat dari 3 aspek penelitian, yaitu kepemimpinan, komitmen guru dan manajemen di sekolah SMKS Islam Al-Fattah Astambul dan SMK Negeri 1 Banjarbaru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah, untuk mengetahui pengaruh komitmen guru terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah dan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah serta komitmen guru terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah di SMKS Islam Al-Fattah Astambul dan SMK Negeri 1 Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Identifikasi masalah dalam penelitian ini ialah mengenai pengaruh kepala sekolah dan komitmen guru dalam pelakasanaan implementasi manajemen berbasis sekolah yang merupakan rumusan masalah dalam observasi penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Y), (2) terdapat pengaruh yang signifikan Komitmen Guru (X2) terhadap Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Y), dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) dan Komitmen Guru (X2) secara simultan atau bersama-sama terhadap Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Y).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Komitmen dan Manajemen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Noorhayatie H. Sirmyah
Date Deposited: 01 Aug 2023 05:03
Last Modified: 01 Aug 2023 05:03
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17193

Actions (login required)

View Item View Item