HUBUNGAN BEBAN KERJA DAN STRESS KERJA TERHADAP KINERJA PETUGAS RADIOLOGI (RADIOGRAFER) DI RSUD ULIN BANJARMASIN TAHUN 2022

Mailiani, Karina (2023) HUBUNGAN BEBAN KERJA DAN STRESS KERJA TERHADAP KINERJA PETUGAS RADIOLOGI (RADIOGRAFER) DI RSUD ULIN BANJARMASIN TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PDF LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (221kB)
[img] Text
lembar pernyataan keaslian.pdf

Download (287kB)
[img] Text
ABstrak (1).pdf

Download (416kB)

Abstract

Berdasarkan dari studi awal terdapat bahwa 6 orang petugas radiologi mengeluhkan seringnya mengalami banyak penumpukan beban tugas pekerjaan yang harus diselesaikan tepat waktu. Hal ini disebabkan karena keterbatasan petugasnya serta pelayanan pasien 50 – 60 orang perhari. Dampak tersebut membuat petugas radiologi mengeluhkan penurunan pada kemampuan fisik terlebih setiap 1 alat rontgen seharusnya untuk 2 orang petugas radiologi. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis hubungan beban kerja dan stress kerja terhadap kinerja petugas radiologi (radiografer) di RSUD Ulin Banjarmasin tahun 2022. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan responden sebanyak 26 petugas radiologi (radiografer) yang diambil secara total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data ini menggunakan uji korelasi Kendall’s Tau α = (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa petugas yang mengalami kinerja tidak efektif sebanyak 5 orang (19,2%), beban kerja sedang sebanyak 20 orang (76,9%), stress sedang sebanyak 18 orang (69,2%) dan didapatkan bahwa ada hubungan antara beban kerja (p-value = 0,007), stress kerja (p-value = 0,002) dengan kinerja petugas radiologi (radiografer) di RSUD Ulin Banjarmasin tahun 2022. Disarankan rumah sakit dapat melakukan penilaian secara berkala tentang beban kerja kepada petugas radiologi karena jumlah pemeriksaan pasien yang banyak dapat mempengaruhi beban kerja petugas dari waktu ke waktu, perlu memanfaatkan waktu istirahat dengan sebaik-baiknya dan melakukan pekerjaan sesuai kapasitasnya serta hendaknya dilakukan penambahan petugas bila beban kerja terus bertambah guna meningkatkan kinerja pada petugas radiologi. Kata Kunci : Kinerja petugas, beban kerja, stress kerja Referensi : 54 (1995-2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kinerja petugas, beban kerja, stress kerja
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Karina Mailiani
Date Deposited: 04 Aug 2023 01:08
Last Modified: 04 Aug 2023 01:08
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17214

Actions (login required)

View Item View Item