PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI MARABAHAN 2 DAN BAGUS 1 KAB. BARITO KUALA

Wiratin, Indriati (2023) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI MARABAHAN 2 DAN BAGUS 1 KAB. BARITO KUALA. Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PDF ABSTRAK_INDRIATI WIRATIN.pdf

Download (59kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Surat Pernyataan Orisinilitas Tesis.pdf

Download (178kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui tindak lanjut supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah dasar negeri Marabahan 2 dan Bagus 1 di Kabupaten Barito Kuala (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SDN Marabahan 2 dan Bagus 1 Kabupaten Barito Kuala (3) untuk mengetahui upaya mengatasi hambatan supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru SDN Marabahan 2 dan Bagus 1 Kabupaten Barito Kuala. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Jumlah penelitian sebanyak 2 orang kepala sekolah dan 20 orang guru. Teknik pengumpulan data dengan observasi (pengamatan) , wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian disimpulkan: (1) unsur-unsur supervisi akademik kepala sekolah sudah melakukan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran dengan memeriksa dokumentasi, memantau pelaksanaan dan penilaian pembelajaran melalui kunjungan kelas dan para guru telah menunjukkan kinerja dalam pelaksanaan pembelajaran (2) prinsip supervisi yang dilakukan kepala sekolah adalah kekeluargaan, humais, objektif, demokratis, komprehensif, praktis dan berkesinambungan, dan teknik supervisinya teknik individu dan kelompok bisa langsung melalui kepala sekolah, rapat sekolah, seminar maupun mengikuti workshop. (3) para kepala sekolah telah melaksanakan tindak lanjut , mendokumentasikan, melengkapi administrasi kegiatan baik pelaksanaan maupun program secara berkelanjutan. (4) Faktor pendukung supervisi akademik : adanya jadwal supervisi, kesediaan guru untuk siap disupervisi, administrasi dikerjakan guru dengan baik, dan kepala sekolah melakukan supervisi secara berkelanjutan. Faktor penghambat supervisi akademik: alokasi waktu kurang memadai, pelaksanaannya terkadang tidak sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat dan lingkungan masyarakat sekolah setempat. (5) upaya mengatasi hambatan supervisi: menyampaikan jadwal supervisi seminggu sebelum pelasanaan, jika ada yang berhalangan agar dapat bertukar jadwal dengan guru lain, menyediakan sarana yang dibutuhkan guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara bertahap.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Kepala sekolah, dan Kinerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Indriati Wiratin
Date Deposited: 17 Oct 2023 04:06
Last Modified: 17 Oct 2023 04:06
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17239

Actions (login required)

View Item View Item