PENGARUH DISIPLIN, LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI (STUDI PADA RUMAH SAKIT dr. SOEHARSONO BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN)

Ramadani, Akhmad (2023) PENGARUH DISIPLIN, LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI (STUDI PADA RUMAH SAKIT dr. SOEHARSONO BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN). Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PDF abstrak.pdf

Download (24kB)
[img] Text
PDF lembar pengesahan dan identitas penguji.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PDF pernyataan tesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis: (1) Disipilin, lingkungan kerja dan motivasi secara parsial berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada rumah sakit dr.Soeharsono Banjarmasin Kalimantan Selatan, (2) Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada rumah sakit dr.Soeharsono Banjarmasin Kalimantan Selatan, (3) Pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai pada rumah sakit dr.Soeharsono Banjarmasin Kalimantan Selatan, dan (4) Pengaruh simultan disiplin kerja, lingkungan, dan motivasi terhadap kinerja pegawai rumah sakit dr.Soeharsono Banjarmasin Kalimantan Selatan. Penelitian dilakukan pada rumah sakit dr.Soeharsono Banjarmasin Kalimantan Selatan menggunakan pendekatan deksriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini merupakan pegawai tetap rumah sakit dr.Soeharsono Banjarmasin Kalimantan Selatan dengan jumlah sampel sebanyak responden 39 orang. Teknik penentuan jumlah sampel menggunakan purposive sampling. Data bersumber dari hasil kuesioner, kemudian diolah dan dianalisis menggunakan program SPSS v.25. Pengujian validitas menggunakan korelasi pearson dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Model analisis regresi linear berganda yang digunakan diuji dengan uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas P-P Plot, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas VIF. Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) Disiplin secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai rumah sakir dr. Soeharsono Banjarmasin Kalimantan Selatan, dengan nilai t hitung (2,870) > t tabel 2,036) dengan pengaruh sebesar 0,834, artinya semakin baik disiplin, maka semakin baik kinerja karyawan. (2) Lingkungan kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifakan terhadap kinerja pegawai rumah sakir dr. Soeharsono Banjarmasin Kalimantan Selatan, dengan nilai t hitung (2,928) > t tabel (2,036) dengan pengaruh sebesar 0,892, artinya semakin nyaman lingkungan kerja, maka semakin baik kinerja karyawan. (3) Motivasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada rumah sakit dr. Soeharsono Banjarmasin Kalimantan Selatan, dengan nilai t hirung (2,946) > t tabel (2,036) dengan pengaruh sebesar 0,91, artinya semakin baik motivasi, maka berdampak pada kinerja, serta (4) Disiplin, lingkungan kerja, dan motivasi berpengaruh secara simultan terhadap kinerja pegawai rumah sakit dr.Soeharsono Banjarmasin Kalimantan selatan dengan nilai F hitung 11,566 > F tabel 2023 dengan koefisien determinasi 49,8%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Disiplin; Lingkungan Kerja; Motivasi; Kinerja Pegawai
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Nurul Elmi
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:26
Last Modified: 16 Aug 2023 02:26
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17287

Actions (login required)

View Item View Item