HUBUNGAN PENGETAHUN, SIKAP IBU DAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PENCEGAHAN STUNTING DI WILAYAH KERJA UPT. PUSKESMAS ASTAMBUL TAHUN 2022

Maharani, Vitha Amalya (2023) HUBUNGAN PENGETAHUN, SIKAP IBU DAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PENCEGAHAN STUNTING DI WILAYAH KERJA UPT. PUSKESMAS ASTAMBUL TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Penelitian.pdf

Download (313kB)
[img] Text
ABSTRAK (14).pdf

Download (119kB)

Abstract

Stunting adalah keadaan tubuh yang sangat pendek dan pendek sehingga melampaui defisit -2 SD dibawah median panjang atau tinggi badan dinyatakan dengan standar deviasi unit z (Z-score). Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar jumlah data Balita tahun 2020 balita status gizi pendek (28,7%) dan status gizi kurus (17,6%), kemudian tahun 2021 balita status gizi pendek (37,6%) dan status gizi kurus (14,6%). Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahun, sikap ibu balita dan dukungan suami dengan pencegahan Stunting di wilayah kerja UPT. Puskesmas Astambul Tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian teknik accidental sampling, yaitu suatu metode penentuan sampel dengan mengambil responden yang kebetulan ada atau tersedia di suatu tempat sesuai dengan konteks penelitian. Populasi adalah Ibu Balita yang datang ke Posyandu Balita di wilayah kerja UPT Puskesmas Astambul kategori desa lokasi fokus stunting dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini Simple Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak sederhana. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan teknik analisa data dengan menggunakan analisis univariat dan bivariate (uji statistic chi-square). Hasil penelitian menunjukkan diperoleh ada hubungan antara tingkat pengetahuan (p-value 0,000), sikap ibu (p-value=0,000), dukungan suami (p-value=0,000) dengan pencegahan stunting, maka artinya ada hubungan yang signifikan dengan korelasi. Disarankan untuk meningkatan pengetahuan, sikap yang masih kurang baik dalam hal ini lebih berperan aktif baik ibu dan juga suami sebagai kepala keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Dukungan Suami, Pencegahan Stunting
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Vitha Amalya Maharani
Date Deposited: 19 Aug 2023 03:02
Last Modified: 19 Aug 2023 03:03
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17321

Actions (login required)

View Item View Item