Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Sistem Informasi Pemerintah Daerah dan Kualitas Anggaran Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas)

Rahimi, Arif (2023) Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Sistem Informasi Pemerintah Daerah dan Kualitas Anggaran Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas). Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Pengesahan Tesis.pdf

Download (610kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Tesis.pdf

Download (402kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (77kB)

Abstract

Kinerja keuangan pemerintah daerah menjadi suatu hal yang penting bagi pemerintah daerah dan pihak eksternal. Kinerja keuangan pemerintah daerah merupakan salah satu ukuran yang dapat digunakan untuk memastikan kemampuan daerah dalam melaksanakan aturan pelaksanaan keuangan secara baik dan benar untuk mempertahankan layanan yang diinginkan, di mana penilaian yang lebih tinggi menjadi tuntutan yang harus dipenuhi agar pihak eksternal memutuskan untuk berinvestasi di dalam daerah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menguji dan menganalisis pengaruh Kualitas Sumber Daya manusia terhadap Kinerja Keuangan. 2) Menguji dan menganalisis pengaruh Sistem Informasi Pemerintah Daerah terhadap Kinerja Keuangan. 3) Menguji dan menganalisis pengaruh Kualitas Anggaran terhadap Kinerja Keuangan. 4) Menguji dan menganalisis pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, SIPD dan Kualitas Anggaran secara simultan terhadap Kinerja Keuangan. Penelitian ini dilakukan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah PNS di Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas. Sampel sebanyak 36 responden dengan teknik sampel jenuh, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kualitas Sumber Daya Manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan pada Satuan KerjaPerangkat Daerah Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas. (2) SIPD berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas. (3) Kualitas Anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas. .(4) Kualitas Sumber Daya Manusia, SIPD, dan Kualitas Anggaran secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Sumber Daya Manusia, SIPD, Kualitas Anggaran, Kinerja Keuangan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Arif Rahimi
Date Deposited: 12 Aug 2023 01:47
Last Modified: 12 Aug 2023 01:47
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17329

Actions (login required)

View Item View Item