PERSAINGAN TOKO EMAS DI PASAR BATUAH MARTAPURA DI TINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Toko Emas di Pasar Batuah Martapura)

Sholikah, Ni’matus (2023) PERSAINGAN TOKO EMAS DI PASAR BATUAH MARTAPURA DI TINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Toko Emas di Pasar Batuah Martapura). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
CamScanner 18-08-2023 13.38.pdf

Download (574kB)
[img] Text
CamScanner 18-08-2023 13.36.pdf

Download (439kB)
[img] Text
ARTIKEL Ni'mah_removed.pdf

Download (168kB)

Abstract

Persaingan dalam berdagang menurut syari’at Islam adalah persaingan yang sehat, adil dan jujur serta menjalin silatuhrahmi agar dapat mempererat ikatan persaudaraan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem persaingan pedagang pada toko emas dan bagaimana pandangan etika bisnis Islam terhadap persaingan tesebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui persaingan toko emas di pasar Batuah Martapura di tinjau dari perspektif etika bisnis islam. Metode yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara, dan analisisnya dengan analisis deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Pemilik Toko Mas Untung, Pemilik Toko Mas Perhiasan Baru dan Pemilik Toko Mas Kayutangi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem persaingan para pedagang tidak mengutamakan keuntungan semata. Di tinjau dari perspektif etika bisnis islam mengenai praktik persaingan pada pedagang emas di pasar Batuah Martapura ketika menghadapi pembeli sesuai dengan etika bisnis Islam diantaranya, jujur, berbuat adil, ta’awun (menolong orang lain), mereka berinovasi dengan memproduksi model-model hasil ciptaan konsumen sendiri dan selalu memberikan pelayanan yang ramah sehingga konsumen merasa puas. Kata Kunci : Persaingan, Toko Emas, Etika Islam, Pasar Batuah Martapura

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persaingan, Toko Emas, Etika Islam, Pasar Batuah Martapura
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Ni'matus Sholikah
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:36
Last Modified: 06 Sep 2023 03:36
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17387

Actions (login required)

View Item View Item