HUBUNGAN ANTARA KELELAHAN KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DI BAGIAN PENGOLAHAN MAKANAN PADA KOPERASI KARYAWAN PT. BORNEO INDOBARA SITE SEBAMBAN KABUPATEN TANAH BUMBU

Yanti, Helda (2023) HUBUNGAN ANTARA KELELAHAN KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DI BAGIAN PENGOLAHAN MAKANAN PADA KOPERASI KARYAWAN PT. BORNEO INDOBARA SITE SEBAMBAN KABUPATEN TANAH BUMBU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (446kB)
[img] Text
lembar pengesahan Helda Yanti.pdf

Download (107kB)
[img] Text
lembar pernyataan keaslian skripsi Helda Yanti.pdf

Download (122kB)

Abstract

Kelelahan menurunkan kapasitas kerja dan ketahanan kerja yang ditandai oleh sensasi lelah, motivasi menurun, dan produktivitas menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kelelahan kerja dengan produktivitas kerja pada tenaga kerja di Bagian pengolahan makanan pada koperasi karyawan PT. Borneo Indobara Site Sebamban Kabupaten Tanah Bumbu.Metode penelitian menggunakan survey analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian seluruh tenaga kerja di Bagian pengolahan makanan pada koperasi karyawan PT. Borneo Indobara yang berjumlah 42 orang dan teknik pengambilan sampel adalah Total sampling yang berjumlah 42 orang. Uji statistik menggunakan uji Chi square test. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas tingkat kelelahan kerja responden adalah berat dan sedang jika diakumulasikan menjadi 64.3%, mayoritas responden memiliki tingkat produktivitas rendah sebanyak 78.6%). Ada hubungan antara kelelahan kerja dengan produktivitas responden di bagian pengolahan makanan (P-Value 0,000). Disarankan responden untuk melakukan peregangan otot seperti menggerakkan kepala, tangan, dan kaki disela-sela pekerjaan ataupun saat istirahat, dengan tujuan supaya tubuh tidak terlalu lama dalam keadaan statis yang dapat mengakibatkan tubuh menjadi cepat lelah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kelelahan Kerja, Produktivitas Tenaga Kerja
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Heldayanti
Date Deposited: 19 Aug 2023 02:01
Last Modified: 19 Aug 2023 02:01
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17391

Actions (login required)

View Item View Item