KONSTRIBUSI MAHASISWA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM UPAYA PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 5 BANJARMASIN

Rusmansyah, Muhammad Abdilah (2023) KONSTRIBUSI MAHASISWA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM UPAYA PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 5 BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Abdillah.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Pengesahan Abdillah.pdf

Download (291kB)
[img] Text
Pernyataan Abdillah.pdf

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat menguraikan bagaimana jalannya konstribusi mahasiswa dalam melakukan upaya pendampingan pembelajaran di Sekolah Dasar Muhammadiyah 5 Banjarmasin baik secara daring maupun luring. Program Kampus Mengajar ini memiliki fokus utama yaitu berfokus dalam mengenalkan mahasiswa sebagai bagian dari peningkatan pembelajaran membaca, berhitung dan juga melakukan adaptasi dengan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan mahasiswa sebagai subjek penelitian serta guru dan siswa yang bertindak sebagai objek dalam pelaksanaannya. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, display data serta melakukan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka didapatkan hasil bahwa Konstribusi mahasiswa dalam program Kampus Mengajar berfokus pada tiga aspek yaitu transfer ilmu pengetahuan, administrasi, dan adaptasi teknologi. Mahasiswa turut melakukan konstribusi dalam pelaksanaan kegiatan sekolah, administrasi umum serta pelaksanaan dalam pendampingan pembelajaran menggunakan teknologi informasi. Upaya pendampingan pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa dilakukan dengan mengadakan bimbingan belajar di rumah, mengaktifkan kembali tahsin pagi, membantu pembuatan RPP serta mengelola kelas. Kemudian, mahasiswa juga melakukan pendampingan pembelajaran dengan mengenalkan website pembelajaran kepada guru dan mengajar melalui sistem online menggunakan aplikasi WhatsApp, Google Class serta Google Zoom.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kampus Mengajar, Mahasiswa, Konstribusi, Pembelajara
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:25
Last Modified: 28 Aug 2023 01:25
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17488

Actions (login required)

View Item View Item