FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA PETUGAS KEBERSIHAN DI DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BARITO KUALA TAHUN 2023

Andriyani, Rina (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA PETUGAS KEBERSIHAN DI DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BARITO KUALA TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (54kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (53kB)
[img] Text
Abstrak_removed.pdf

Download (18kB)

Abstract

Kepatuhan menggunakan APD berperan penting dalam menciptakan keselamatan di tempat kerja dan mengurangi angka kejadian kecelakaan kerja. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi terhadap 10 petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Kuala, banyak yang merasa kurang nyaman apabila memakai APD lengkap saat menjalankan tugasnya, ini disebabkan mereka merasa risih karena tidak terbiasa memakainya dan beratnya APD menambah beban tubuh saat bekerja. Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan penggunaan APD pada petugas kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Kuala tahun 2023. Survey analitik dengan desain cross sectional merupakan metode penelitian yang digunakan. Populasi penelitian adalah petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Kuala berjumlah 196 orang dan sampelnya sebanyak 66 orang. Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan lebih banyak petugas kebersihan yang tidak patuh menggunakan alat pelindung diri (APD) sebanyak 36 orang (54,5%), sedangkan yang patuh menggunakan alat pelindung diri (APD) hanya 30 orang (45,5%). Terdapat hubungan antara pengetahuan (p-value = 0,018), sikap (p-value = 0,036) dan kondisi APD (p-value = 0,000) dengan kepatuhan penggunaan APD, serta tidak ada hubungan masa kerja (p-value = 0,171). Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Kuala diharapkan untuk lebih memperhatikan kondisi APD petugas kebersihan seperti melakukan evaluasi dan pergantian secara berkala terhadap APD yang telah disediakan, memberikan pelatihan dan penyuluhan tentang alat pelindung diri (APD) dan meningkatkan peran pengawas lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan; Pengetahuan; Sikap; Masa Kerja; Kondisi APD
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Rina Andriyani
Date Deposited: 26 Aug 2023 02:08
Last Modified: 26 Aug 2023 02:08
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17496

Actions (login required)

View Item View Item