ANALISIS KEBIJAKAN PROGRAM PENANGGULANGAN STUNTING PADA BALITA DI DESA TAMPULANG KECAMATAN JENAMAS KABUPATEN BARITO SELATAN TAHUN 2023

Juldah, Juldah (2023) ANALISIS KEBIJAKAN PROGRAM PENANGGULANGAN STUNTING PADA BALITA DI DESA TAMPULANG KECAMATAN JENAMAS KABUPATEN BARITO SELATAN TAHUN 2023. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB.

[img] Text
Abstract Julda.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Pengesahn Julda.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Pernyataan Julda.pdf

Download (155kB)

Abstract

Stunting pada masa kanak-kanak adalah masalah yang cukup serius karena dikaitkan dengan risiko penyakit di masa depan dan kesulitan dalam perkembangan fisik dan kognitif. Desa Tampulang menduduki peringkat pertama dalam hal stunting pada anak di bawah 5 tahun dengan 13 dari 61 balita. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam dengan informan. Informan yang dipilih berjumlah 6 orang. Melalui kajian ini terlihat bahwa program pencegahan stunting pada anak telah dilaksanakan sejak tahun 2019 dan desa sasaran kajian juga masuk dalam kerangka penanggulangan stunting dan gizi buruk pada anak stunting. Fase persiapan agenda direncanakan dari 2019 hingga saat ini. Kebijakan ini mencakup aspek-aspek penting seperti pencegahan stunting, pemantauan tumbuh kembang balita, gizi, penyuluhan kesehatan dan pendidikan kesehatan masyarakat, serta dukungan untuk semua bidang kerjasama dengan Adaro. bisnis. Peluncuran berjalan lancar, dan tinjauan kebijakan menunjukkan bahwa pemantauan perkembangan balita dilakukan setiap minggu di samping kegiatan posyandu bulanan. Keberhasilan program pencegahan stunting adalah menurunkan proporsi anak stunting ke anak dengan pertumbuhan normal. Disarankan kepada pihak kesehatan dan aparat desa melakukan upaya peningkatan dalam penyuluhan mengenai kesehatan ke masyarakat terutama balita dengan melakukan inovasi kreatif seperti mengadakan lomba atau permainan pencapaian balita makan-makanan yang sehat agar menambahnya pengetahuan dan wawasan masyarakat terhadap kesehatan terutama mengenai kesehatan balita termasuk kejadian stunting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Stunting, Program, Kebijakan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Juldah
Date Deposited: 30 Aug 2023 05:07
Last Modified: 30 Aug 2023 05:07
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17551

Actions (login required)

View Item View Item