HUBUNGAN KONSUMSI MAKANAN, PENGETAHUAN DAN JENIS KELAMIN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CEMPAKA PUTIH BANJARMASIN

Rejeki, Muhammad (2023) HUBUNGAN KONSUMSI MAKANAN, PENGETAHUAN DAN JENIS KELAMIN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CEMPAKA PUTIH BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar Pengesahan M.Rejeki.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Keaslian Penelitian M.Rejeki.pdf

Download (116kB)
[img] Text
ARTIKEL M.REJEKI_removed.pdf

Download (149kB)

Abstract

Berlandaskan studi awal yang saya lakukan meningkatnya penyakit “Hipertensi” pada lansi terdapat peningkatan dalam 3 tahun terakhir yang terjadi dari laporan Puskesmas Cempaka Putih Kota Banjarmasin. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui adakah hubungan konsumsi makanan, pengetahuan dan jenis kelamin dengan kejadian “Hipertensi” pada lansia di wilayah kerja Puskesmas Cempaka Putih Kota Banjarmasin tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan Cross Sectional, yang bertujuan untuk mengamati korelasi antara “Hipertensi” dan faktor-faktor seperti konsumsi makanan, pengetahuan, dan jenis kelamin. Sampel penelitian terdiri dari 81 orang yang dipilih secara Acidental sampling, dan populasi sampel yaitu lansia yang mengalami kasus “Hipertensi” di wilayah Puskesmas Cempaka Putih Kota Banjarmasin. Data dikumpulkan menggunakan uji chi square dengan tingkat signifikansi α = 0,05.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 81 responden, sebagian besar yaitu 35 orang (43,2%) memiliki tekanan darah sedang. Temuan ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara “Hipertensi” dan faktor-faktor seperti konsumsi makanan (p – value = 0,000), pengetahuan (p – value = 0,000), dan jenis kelamin (p – value = 0,003) pada lansia.Dalam rangka menghadapi temuan tersebut, disarankan untuk meningkatkan minat partisipasi dalam penyuluhan kesehatan yang diadakan di posbindu. Selain itu, penting juga bagi lansia yang terkena “Hipertensi” untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin setiap bulan ke puskesmas terdekat. Terutama, penting untuk menjaga konsumsi makanan sehari-hari agar lebih sesuai dengan kebutuhan kesehatan.Kata Kunci : Konsumsi Makanan, Pengetahuan, Jenis Kelamin “Hipertensi”, Lansia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konsumsi Makanan, Pengetahuan, Jenis Kelamin “Hipertensi”, Lansia.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Depositing User: M. Rejeki
Date Deposited: 31 Aug 2023 05:48
Last Modified: 31 Aug 2023 05:48
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17567

Actions (login required)

View Item View Item