IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT GASMI DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MI USHULUDDIN BANJARBARU

ABDULLAH, MUHAMMAD HASAN (2023) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT GASMI DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MI USHULUDDIN BANJARBARU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan ekstakurikuler pencak silat gasmi dalam membentuk karakter religius siswa di MI Ushuluddin Banjarbaru serta mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kegiatan ekstrakurikuler pencak silat gasmi dalam membentuk karakter religius siswa di MI Ushuluddin Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan objek penelitian kepala sekolah, koordinator pencak silat, pelatih silat dan siswa. Pengumpulan data dengan cara melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, display, dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk memperoleh keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: a. Implementasi kegiatan ekstrakurikuler pencak silat gasmi dalam membentuk karakter religius siswa. Pada kegiatan ekstrakurikuler pencak silat gasmi ada tiga tahapan yang dilaksanakan 1) Tahap perencaaan, dilakukan penjaringan setiap tahunya dalam artian menawarkan kepada peserta didik bahwa ada beberapa kegiatan ekstrakurikuler di sekolahan, 2) Tahap pelaksanaan, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pencak silat gasmi diawali dengan sebelum latihan seluruh siswa diarahkan untuk berwudhu terlebih dahulu kemudian berdoa bersama-sama yang dipimpin oleh pelatih silat, kemudian baru dimulai dengan pemanasan dan penyampaian materi sampai selesai kemudian ditutup dengan doa yang dipimpin oleh pelatih silat, 3) Tahap evaluasi, evaluasi dilaksanakan pada tiga bulan sekali. b. Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kegiatan ekstrakurikuler pencak silat gasmi di MI Ushuluddin Banjarbaru, ekstrakurikuler pencak silat gasmi di MI Ushuluddin Banjarbaru mendapat banyak dukungan dari dalam dan luar sekolah adapun dukungan tersebut adalah: 1) kepala sekolah 2) orang tua siswa 3) warga sekitar sedangkan faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler pencak silat gasmi adalah: Faktor cuaca dan kesibukan orang tua siswa yang tidak rutin untuk mengantarkan anaknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pencak Silat, Gasmi, Karakter, Religius
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:00
Last Modified: 14 Sep 2023 02:00
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17691

Actions (login required)

View Item View Item