PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT, MOTIVASI, PENDAPATAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Kasus Masyarakat Desa Menteng Karya Kabupaten Kapuas)

Kharomah, Lissa Nurul (2023) PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT, MOTIVASI, PENDAPATAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Kasus Masyarakat Desa Menteng Karya Kabupaten Kapuas). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Pengesahan skripsi.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (98kB)

Abstract

Persepsi yang ada dibenak masyarakat terkait perbankan syariah saat ini masih banyak yang memandang bank syariah sama dengan bank konvensional. Adapun motivasi berkembang sebagai hasil dari kebutuhan yang tidak terpenuhi dan tujuan yang hendak dicapai. Pendapatan rumah tangga yang semakin tinggi maka akan diikuti dengan pola konsumsi yang tinggi juga. Selaras akan pernyataan tersebut ketika pendapatan rumah tangga naik peluang untuk menabung juga semakin meningkat, sementara itu kriteria pemilihan bank dari konsumen muslim akan didominasi perilaku keberagamaan. Rumusan masalah yang didapat dari penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh persepsi masyarakat, motivasi, pendapatan dan religiusitas terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah Indonesia baik secara parsial maupun secara simultan. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui sejauh mana variabel bebas mampu mempengaruhi variabel terikat baik secara parsial maupun simultan. Metodologi penelitian yang dipakai yaitu kuantitatif dengan metode penelitian survei. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini variabel persepsi masyarakat dan motivasi masing-masing berpengaruh terhadap variabel keputusan menjadi nasabah, sedangkan variabel pendapatan dan religiusitas masing-masing tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah. Secara simultan variabel persepsi masyarakat, motivasi, pendapatan dan religiusitas memiliki pengaruh positif terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat; Motivasi; Pendapatan; Religiusitas; Keputusan Nasabah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Lissa Nurul Kharomah
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:58
Last Modified: 09 Nov 2023 02:58
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17700

Actions (login required)

View Item View Item