FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEKURANGAN ENERGI KRONIK (KEK) PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANJIR PASAR KABUPATEN BARITO KUALA TAHUN 2023

Aulia, Risma (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEKURANGAN ENERGI KRONIK (KEK) PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANJIR PASAR KABUPATEN BARITO KUALA TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Artikel Risma Aulia (19070023).pdf

Download (297kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (68kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Peneliatian.pdf

Download (96kB)

Abstract

Kekurangan Energi Kronik (KEK) pada ibu hamil merupakan keadaan ibu kekurangan asupan protein dan energi yang berlangsung menahun. KEK saat hamil berisiko terhadap persalinan yang lama (sulit), pendarahan, keguguran, bayi lahir prematur, lahir cacat, berat Badan Lahir Rendah (BBLR) bahkan mengakibatkan kematian ibu dan bayi. Berdasarkan data Puskesmas Anjir Pasar tahun 2023 bulan Januari sampai Mei terdapat jumlah ibu hamil sebanyak 106 orang dengan 18 orang ibu hamil yang mengalami KEK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan Kekurangan Energi Kronik (KEK) pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Anjir Pasar tahun 2023. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah populasi sebanyak 106 orang dengan sampel sebanyak 52 responden dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Chi Square dengan (α = 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan usia (p-value = 0,430), pendidikan (p-value = 0,179), pendapatan (p-value = 0,014) dan pengetahuan (p-value = 0,502). Kesimpulan penelitian ini tidak ada hubungan usia, pendidikan dan pengetahuan dengan KEK pada ibu hamil, sedangkan pendapatan menunjukkan ada hubungan dengan KEK pada ibu hamil. Perlunya upaya pencegahan KEK dengan melakukan edukasi dan mendeteksi dini para calon pengantin dan Wanita Usia Subur (WUS) yang berisiko, serta seluruh ibu hamil diharapkan dapat meningkatkan asupan makanan yang bergizi untuk mengurangi risiko terjadinya KEK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kekurangan Energi Kronik; Usia; Pendidikan; Pendapatan; Pengetahuan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Risma Aulia
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:07
Last Modified: 25 Sep 2023 02:07
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17747

Actions (login required)

View Item View Item